Rabu, 24 April 2019
Follow:  
www.siagaonline.com
 
Arsip itu Hilirnya Pemerintahan
Senin, 15-04-2019 - 23:38:25 WIB

TERKAIT:
 
  • Arsip itu Hilirnya Pemerintahan
  •  

    SiagaOnline.com, Siak - Tata pemerintahan yang baik (good governance) telah menjadi wacana yang mengemuka dalam pengelolaan administrasi pemerintahan, termasuk bagi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Siak.

    Salah satu permasalahan adalah karena saat ini arsip masih dipandang sebelah mata, oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Padahal arsip merupakan bagian dari data, catatan peristiwa dan sejarah dari perjalanan kinerja suatu instansi, sehingga jika hilang juga mengaburkan kerja yang telah dilaksanakan.

    "Arsip adalah bukti dari catatan peristiwa, program, surat-surat penting bahwa suatu program atau kegiatan telah dilaksanakan dengan baik dan sesuai prosedur" sebut Jamaluddin, di ruang rapat Kantor Bupati Siak, Senin (15/4).

    Oleh karena itu Jamaluddin mengajak para  pimpinan OPD berkomitmen tinggi terhadap tata kelola kearsipan tersebut. Hal ini sangat penting karena menyangkut penyelamatan arsip daerah.

    Melalui kegiatan tersebut dirinya berharap timbul kesadaran dari masing-masing OPD untuk mengelola arsip dan membangun penyelenggaraan tertib arsip sehingga pengelolaan kearsipan di Kabupaten Siak semakin baik.

    "Meski nilai kita kurang baik, tapi  tata naskah dinas kita sudah bagus, dan pedoman tentang regulasinya sudah disiapkan" ujarnya.

    Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Riau Rahima Erna menyampaikan bahwa kegiatan tersebut salah satu upaya untuk mendukung Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip.

    "Untuk Kabupaten Siak ini ada beberapa hal yang harus di sempurnakan, karena itu kami melakukan bimbingan asistensi supaya indeks manajemen kearsipan bernilai baik dan sangat baik" kata Rahima Erna.

    Jadi lanjut dia, regulasi penyelenggaraan kearsipan itu ada banyak. Seperti Peraturan Presiden No 95 Tahun 2018 yang mengatur 6 pasal tentang elektronik arsip (e-arsip).

    "Arsip itu hilirnya pemerintahan. Artinya, setiap OPD itu setiap harinya menciptakan arsip" ucapnya.

    "Jadi bagaimana arsip itu terkelola dengan baik, surat menyurat sesuai dengan tata naskah, keamanan menyimpannya. Karena fungsi dari Arsip itu adalah untuk menyelamatkan aset, kepemilikan, memori bangsa, dan lain sebagainya" imbuhnya.

    Siak ini Kata Rahima Erna, sudah masuk simpul jaringan kearsipan nasional. Arsip-arsip statis istana sudah bisa diakses dimana saja. Untuk itu ia berharap agar bisa menyamakan komitmen agar terkelola dengan baik.

    Kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh OPD dan utusan dari masing-masing kecamatan se Kabupaten Siak.

    Menurut Muhammad Arifin Kadis Perpustakaan Siak, diminta komitmen masing-masing OPD agar mendukung apa yang harus di kerjakan untuk menaikkan nilai kearsipan Pemkab Siak, terutama Surat Keputusan penunjukan unit kearsipan oleh pimpinan OPD sbagai staf yang bertanggung jawab pengelolaan arsip.

    Karena kata Arifin, kedepan akan dilakukan audit kearsipan di masing-masing OPD, mulai dari sekarang segera membenahi arsip yang ada dan berkoordinasi dengan Bidang Kearsipan Dinas Perpustakaan Siak.

    Sebelumnya, di tempat terpisah Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Riau menggelar acara sosialisasi tentang kearsipan untuk anak SMA dan Tata Usaha SMA. Kegiatan berlangsung di kantor Dinas Perpustakaan Siak.

    Kepala Dinas Perpustakaan Siak M Arifin menyambut baik regiatan tersebut, pihaknya saat ini melakukan transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial, dengan meningkatkan pemberdayaan masyarakat, mencari solusi permasalahan masyarakat  tentang ekonomi keluarga dalam kesejahteraan dan menyediakan fasilitas di perpustakaan untuk  pembelajaran koleksi terapan serta advokasi dan sinergi program pemberdayaan yang ada di masing-masing OPD. (rls)

    Loading...


     
    Berita Lainnya :
  • Arsip itu Hilirnya Pemerintahan
  •  
    Komentar Anda :

     
    GALERI FOTO
    Galeri Foto
    Rapat Paripurna Istimewa HUT Ke-69 Tahun Kabupaten Kampar
     
    ADVERTORIAL
    Advertorial
    Disperindag Bengkalis Terus Tingkatkan Pengawasan dan Perlindungan Terhadap Konsumen
     
    TERPOPULER
    1 Perusahaan Hilangkan Hak Karyawan, Ratusan Buruh PT RGMS Gelar Mogok Kerja
    2 Diduga Perusahan Hilangkan Hak Karyawan, Buruh PT RGMS Gelar Aksi Mogok Kerja
    3 Ratusan Karyawan Pt. Asia Citra Melakukan Demo Tuntut Pembayaran Gaji Dan THR
    4 Bupati Bungkam?
    Mendagri Diminta Perintahkan Bupati Nias Barat Copot Oknum Kadis Terduga Mesum
    5 Ratusan Anggota FSPPP Melakukan Aksi Demo Kekantor Disnaker Rohil
    6 PT. Langgam Harmoni Tolak Serikat, Puluhan Karyawan Lakukan Mogok Kerja
    7 Reses Anggota Dewan Rohil, Masyarakat Ajukan Pertanyaan Terkait Pilpeng
    8 Coreng Nama Baik Instansi,
    Gawat!! Diduga Oknum Kadis Mesum, Diminta Bupati Nisbar Tindak Tegas Jangan Tebang Pilih
    9 Terkait Penemuan Air Mineral Merk Crystalline Mengandung Kotoran dalam Kemasan, Konsumen Kecewa
    10 Heboh..., Oknum Kadis Terduga Mesum, Saudara Bupati Nias Barat
     
    Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2016-2018 PT. Mafis Siaga Pers, All Rights Reserved
    Pengunjung hari ini : | Total pengunjung : 0 | Total Hits :