Selasa, 16 Juli 2019
Follow:  
www.siagaonline.com
 
T.S Hamzah : Pemerintah Daerah Diajak Bersiap Sambut Making Indonesia 4.0
Senin, 15-04-2019 - 23:40:14 WIB

TERKAIT:
 
  • T.S Hamzah : Pemerintah Daerah Diajak Bersiap Sambut Making Indonesia 4.0
  •  

    SiagaOnline.com, Siak - Sekretaris Daerah Kabupaten Siak T.S. Hamzah didampingi Kepala Bappeda Wan Yunus dan Kadis Perdagangan dan Perindustrian Wan Ibrahim menghadiri Kegiatan Indonesia Industrial Summit (ISS) 2019, yang dibuka secara resmi Wakil Presiden RI Jusuf Kalla di Indonesia Convention Exhibition BSD Tangerang, Senin pagi (15/4/19).

    Wapres Jusuf Kalla menyebut kegiatan yang bertujuan sebagai forum konsolidasi ini dilakukan, guna mempercepat penerapan Making Indonesia 4.0 untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional.

    "Tahun ini kita banyak bicara kemajuan teknologi yang telah merubah cara produksi dan hubungan sosial. Perubahan itu tidak mungkin kita tidak menerima, bagaimana menerima manfaat teknologi ini untuk kemajuan kita bersama," kata Wapres Jusuf Kalla dalam sambutannya.

    Sementara itu, Menteri Airlangga memaparkan Making Indonesia 4.0 merupakan peta jalan yang diterapkan untuk mencapai tujuan Indonesia menjadi negara 10 besar ekonomi dunia pada 2030. Sejak diluncurkan Presiden RI tepat satu tahun lalu kata dia, berbagai langkah telah dilakukan sebagai game changer pertumbuhan ekonomi nasional.

    "Dengan penerapan Making Indonesia 4.0, Indonesia berpeluang meningkatkan nilai tambah terhadap PDB nasional sebesar USD150 Miliar pada 2025. Selain itu, meningkatkan pertumbuhan ekonomi hingga 1-2 persen," kata Airlangga.

    Era revolusi industri 4.0 sebut Airlangga, menuntut kesiapan sumber daya manusia (SDM) dalam penguasaan teknologi. Momentum ini diyakini memberikan peluang lapangan kerja baru di Indonesia hingga 18 juta orang, dengan 4,5 tenaga kerja baru diserap sektor industri dan 12,5 juta lainnya oleh sektor jasa penunjang industri.

    "Pengembangan SDM industri merupakan suatu bentuk komitmen Pemerintah dalam mempersiapkan SDM menghadapi era industri 4.0," ujar Airlangga.

    Sementara itu Sekretaris Daerah Kabupaten Siak T.S Hamzah menjelaskan tema 'Implementasi Making Indonesia 4.0 Menuju Indonesia Menjadi Negara 10 Besar Ekonomi Dunia' yang menjadi visi pelaksanaan IIS Tahun 2019 ini. Tujuannya kata dia, memberikan gambaran mengenai perjalanan penerapan kebijakan ekonomi Indonesia dan dunia kedepan.

    "Kegiatan ini bertujuan sebagai forum konsolidasi pemerintah dan pemerintah daerah, pelaku industry, dan para pemangku kepentingan lainnya dalam merumuskan langkah kebijakan untuk mewujudkan aspirasi pembangunan industry, menuju Indonesia negara 10 besar ekonomi dunia tahun 2030" kata Hamzah.

    Hamzah juga menjelaskan sejumlah kebijakan insentif fiskal turut dijelaskan dalam forum itu. Misalnya, upaya untuk mendorong perusahaan industri melakukan inovasi teknologi dan investasi pada peningkatan kompetensi SDM, strategi peningkatan penetrasi pasar untuk mendorong ekspor industri manufaktur, hingga kebijakan upskilling dan reskilling kompetensi tenaga kerja untuk beradaptasi dengan era industri 4.0.(***)




    Loading...


     
    Berita Lainnya :
  • T.S Hamzah : Pemerintah Daerah Diajak Bersiap Sambut Making Indonesia 4.0
  •  
    Komentar Anda :

     
    GALERI FOTO
    Galeri Foto Pemkab Rokan Hulu:
    Hari Pertama Lebaran, Bupati Shalat Id, Halal Bihalal dan Gelar Open House di Rumah Dinas
     
    ADVERTORIAL
    Mereka Yang Teliti Bantu Para Satgas TMMD
     
    TERPOPULER
    1 Diduga Perusahan Hilangkan Hak Karyawan, Buruh PT RGMS Gelar Aksi Mogok Kerja
    2 Perusahaan Hilangkan Hak Karyawan, Ratusan Buruh PT RGMS Gelar Mogok Kerja
    3 Ratusan Karyawan Pt. Asia Citra Melakukan Demo Tuntut Pembayaran Gaji Dan THR
    4 Bupati Bungkam?
    Mendagri Diminta Perintahkan Bupati Nias Barat Copot Oknum Kadis Terduga Mesum
    5 Ratusan Anggota FSPPP Melakukan Aksi Demo Kekantor Disnaker Rohil
    6 PT. Langgam Harmoni Tolak Serikat, Puluhan Karyawan Lakukan Mogok Kerja
    7 Terkait Penemuan Air Mineral Merk Crystalline Mengandung Kotoran dalam Kemasan, Konsumen Kecewa
    8 Siswai SMP Diperkosa dan Dibunuh, Ternyata Pelakunya Ayah Tiri Korban
    9 Reses Anggota Dewan Rohil, Masyarakat Ajukan Pertanyaan Terkait Pilpeng
    10 Coreng Nama Baik Instansi,
    Gawat!! Diduga Oknum Kadis Mesum, Diminta Bupati Nisbar Tindak Tegas Jangan Tebang Pilih
     
    Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2016-2018 PT. Mafis Siaga Pers, All Rights Reserved
    Pengunjung hari ini : | Total pengunjung : 0 | Total Hits :