Sabtu, 25 Mei 2019
Follow:  
www.siagaonline.com
 
Advertorial
Disperindag Bengkalis Terus Tingkatkan Pengawasan dan Perlindungan Terhadap Konsumen
Selasa, 16-04-2019 - 17:36:17 WIB
TERKAIT:
 
  • Disperindag Bengkalis Terus Tingkatkan Pengawasan dan Perlindungan Terhadap Konsumen
  •  

    SiagaOnline.com, Bengkalis -  Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Bengkalis siap siaga melakukan Pengawasan terhadap produk Makanan dan Minuman Kedaluarsa/Expired.

    Disperindag Bengkalis dalam pengawasan terus di tingkatkan disetiap wilayah se-kecamatan Bengkalis melakukan pemantauan persediaan kebutuhan pokok, dan juga tetap mengatisipasi harga barang secara kontiniu, serta memantau pengawasan harga barang tanpa batas di kabupaten Bengkalis pada tahun 2019.

    Demikian disampaikan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Bengkalis melalui   Kabid Disperindag Jefry, SH. MM saat ditemui wartawan diruang kerjanya, Senin (15/04/19).

    Teks foto: Kabid Perindag Bengkalis Jefry, SH. MM

    Jefry menjelaskan, team Pemerintah Daerah (Pemda) Bengkalis terus lakukan kunjungan rutin di sebelas Kecamatan se-kabupaten Bengkalis, salah satu contoh baru-baru ini dari hasil pemantauan harga relatif stabil harga barang seperti, gula sebesar Rp. 12.000/kg, minyak goreng Rp.11.000/kg, sedangkan untuk daging beku dengan harga Rp.80.000/kg, katanya.

    Untuk kegiatan pemantauan di setiap wilayah atau lokasi-lokasi setiap pasar antara kecamatan se-kabupaten Bengkalis, itu adalah dari Disperindag Bengkalis sendiri. Tetapi kalau hari besar seperti Ramadhan akan mengadakan team kebersamaan untuk mengontrol harga barang serta kwalitas barang yang layak di konsumsi.

    Barang yang beredar, focus pada sarana pendistribusian bahan berbahaya yang disalahgunakan di daerah Kabupaten Bengkalis, apalagi pada saat menyongsong bulan suci Ramadhan tanggal 6 Mei 2019 M/1440 H mendatang," ungkapnya.

    Pengawasan dan pemeriksaan terhadap produk makanan dan minuman sudah menjadi rutinitas tahunan yang dilakukan Disperindag Kabupaten Bengkalis menjelang hari besar Keagamaan.

    Kegiatan itu dilakukan guna melindungi konsumen dari barang tak layak komsumsi dan membahayakan bagi kesehatan masyarakat. Pembeli juga dihimbau agar meneliti masa expired produk yang akan dibelinya.

    Seringkali, pembeli tidak memperhatikan tanggal kedaluarsa produk kemasan yang dibelinya. Kelemahan itulah kerap dimanfaatkan oknum pedagang nakal tetap menjual produk yang sudah melewati masa Kedaluarsa/Expired.

    “Kami menghimbau kepada masyarakat untuk memeriksa terlebih dahulu masa kedaluarsa barang yang akan dibelinya. Kalau sudah mendekati atau melewati masa expired, sebaiknya jangan dibeli,” Himbaunya.

    Maka untuk, kata Kabid Perindag Jefry, SH. MM barang dalam negeri target adalah toko-toko pengecer.

    Disperndag juga selalu meberikan pembinaan kepada pelaku usaha. Sesuai surat Direktorat Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Nomor : 421/PDN/SD/12/2018 tanggal 28 Desember 2018 hal : Pemantauan Harga dan Ketersediaan Pasokan Beras Medium dan Nomor : 03/PDN/SD/1/2019 tanggal 2 Januari 2019, hal Penetapan HET  untuk Gula Pasir, Daging Beku/Frozen Meat/Paha Depan, dan Minyak Goreng. Bahwa Harga Eceran Tertinggi Gula Pasir maksimum Rp. 12.500/kg, Daging Beku/Frozen meat/Paha Depan maksimum Rp. 80.000/kg, dan Minyak Goreng kemasan sederhana maksimum Rp. 11.000/lt, diseluruh gerai toko modern. Kebijakan harga eceran tertinggi untuk komoditi dimaksud tetap berlaku sampai dengan 30 Juni 2019, tandas Jefry.

    Sehubungan dengan hal itu, jelas Kabid Disperindag Jefry, Disperindag Bengkalis juga menghimbau kepada pelaku usaha agar melakukan hal-hal sebagai berikut;

    1.Mengintesifkan pemantauan stok, pasokan dan harga beras, gula , daging beku/frozen meat/paha depan dan minyak goreng sesuai HET di wilayah kerja masing-masing baik di pasar rakyat maupun di gerai toko moderan untuk memastikan keucukupan stok barang kebutuhan pokok tersebut.

    2.Menginstruksikan kepada pedagang eceran dan toko modern yang berada di wilayah kerja saudara untuk mencantumkan harga eceran beras yang dijual di kedai/kiosnya masing masing.

    3.Meningkatkan pengawasan dan pengendalian barang kebutuhan dimaksud agar dapat mematuhi kebijakan Harga Eceran Tertinggi untuk komiditi dimaksud.

    Teks foto: Febriza Luwu Anggota DPRD Bengkalis Komisi III

    Terpisah, Anggota DPRD Bengkalis Febriza Luwu menanggapi," Pemerintah Daerah (Pemda) Bengkalis khususnya Disperindag Bengkalis menghimbau haruslah bertindak secara ekstra keras dalam pengawasan, sebab kita tak mau masyarakat kita nantinya terkontaminasi dari makanan yang mengandung racun serta barang yang telah kadaluarsa.

    Dikhawatirkan, tingginya kebutuhan masyarakat ikut dimanfaatkan oknum pedagang “nakal” untuk menjual produk makanan dan minuman yang sudah Kedaluarsa/Expired. Pengalaman tahun-tahun sebelumnya, ditemukan beberapa kasus ada produk makanan dan minuman kedaluarsa masih diperjual belikan secara bebas.

    “Temuan produk makanan dan minuman sudah tidak layak komsumsi itu pada umumnya dalam bentuk kemasan,” ujar Febriza.

    Febriza Luwu dari Partai PDIP juga mengingatkan, agar masyarakat lebih teliti sebelum membelik barang, kedua pengusaha juga diberikan penyuluhan agar pihaknya mengerti bahwa barang yang telah kadaluarsa tidak boleh lagi untuk dipasarkan dan membuangnya ke tempat yang telah disediakan, tidak melakukan penjualan barang-barang tersebut.

    Lebih dalam Febriza Luwu (Anggota DPRD Bengkalis) yang berasal dari Dapil Kecamatan Siak Kecil, Kecamatan Bukit Batu dan Kecamatan Bandar Laksamana menuturkan, agar dapat dilakukan pengawasan dilapangan seperti, barang masuk melalui pintu-pintu secara illegal di dalam negeri sendiri.

    Dan agar pelaku usaha tidak melakukan sifat ceroboh yang mengakibatkan konflik pembeli dengan pengusaha berujung berhadapan dengan permasalahan hukum, pungkasnya.

    Ia, Juga Febriza meminta intansi di Bengkalis untuk melakukan antisipasi terhadap ketersediaan daging dan sembako terutama menyangkut masalah harganya menjelang bulan ramadhan tahun ini. Karna berdasarkan kebiasaan, jelang Ramadhan dan Idul Fitri harga jadi melambung.

    "Untuk ketersediaan biasanya aman atau tersedia cukup.  Tapi untuk harga harus diantisipasi. Karena ada pihak-pihak tertentu yang memanfaatkan momen. Sehingga harga jadi mahal, inilah yang harus diantisipasi," katanya.

    Pihak terkait harus rajin turun ke lapangan untuk melakukan pengecekan. Baik ke pasar-pasar maupun di tempat peternakan hewan seperti sapi kerbau dan lainnya. Biasanya untuk normal harga daging ini di pasaran berkisar 70 hingga 110 ribu per kilogramnya.  Jelang Ramadhan bisa naik jauh dari itu," tutupnya.

    Teks Foto: Mashuri  SH Tokoh Masyarakat Bengkalis

    Sementara Mashuri selaku Tokoh Masyarakat Bengkalis, apresiasikan kinerja Pemerintah Daerah (Pemda) Bengkalis khususnya Disperindag Bengkalis dimana, telah banyak berupaya melaksanakan tugas dalam pengawasan barang yang beredar di pasaran untuk mengontrol.

    Sehingga dari hasil keras pemerintahan masyarakat Bengkalis pada umumnyan masyarakat terhindar dari pada marabahaya, akibat mengkonsumsi barang yang sudah kadaluarsa, cetusnya kepada media ini, Selasa sore (16/04/19).

    Mashuri SH sapaan akarabnya Mas Bagong, ia juga menghimbau agar masyarakat tidak menunggu pada saat hari-hari yang sibuk untuk dapat memilih dengan tenggang waktu agar terhindar dari harga yang tinggi serta kwalitas barang yang baik, sebab didalam kesibukan berbelanja secara berdesak-desakan dikhawatirkan akan terjadi kesilapan dan kelemahan mengontrol diri yang mengakibatkan terjadi kerugian baik secara moril maupun materil, himbaunya.

    Mas Bagong yang juga selaku Ketua Paguyuban Suku Jawa se-kabupaten Bengkalis dan juga penasehat di Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), mengucapkan terimakasih atas partisipasi rekan-rekan media yang di Bengkalis baik diluar Bengkalis yang  selama ini dalam hal publish kegiatan-kegiatan kenerja Pemkab Bengkalis, pungkasnya.

    Diakhir bincang-bincang Mas Bagong mengcupkan kepada seluruh lapisan masyarakat Bengkalis pada umumnya selamat melaksanakan Pilpres RI dan Pileg, semoga dapat melaksanakan pilihannya di TPS yang telah tersedia dalam keadaan aman dan damai. (M.NST/Tehe/Advertorial)

    Loading...


     
    Berita Lainnya :
  • Disperindag Bengkalis Terus Tingkatkan Pengawasan dan Perlindungan Terhadap Konsumen
  •  
    Komentar Anda :

     
    GALERI FOTO
    Galeri Foto
    Rapat Paripurna Istimewa HUT Ke-69 Tahun Kabupaten Kampar
     
    ADVERTORIAL
    Advertorial
    Disperindag Bengkalis Terus Tingkatkan Pengawasan dan Perlindungan Terhadap Konsumen
     
    TERPOPULER
    1 Perusahaan Hilangkan Hak Karyawan, Ratusan Buruh PT RGMS Gelar Mogok Kerja
    2 Diduga Perusahan Hilangkan Hak Karyawan, Buruh PT RGMS Gelar Aksi Mogok Kerja
    3 Ratusan Karyawan Pt. Asia Citra Melakukan Demo Tuntut Pembayaran Gaji Dan THR
    4 Bupati Bungkam?
    Mendagri Diminta Perintahkan Bupati Nias Barat Copot Oknum Kadis Terduga Mesum
    5 Ratusan Anggota FSPPP Melakukan Aksi Demo Kekantor Disnaker Rohil
    6 PT. Langgam Harmoni Tolak Serikat, Puluhan Karyawan Lakukan Mogok Kerja
    7 Siswai SMP Diperkosa dan Dibunuh, Ternyata Pelakunya Ayah Tiri Korban
    8 Terkait Penemuan Air Mineral Merk Crystalline Mengandung Kotoran dalam Kemasan, Konsumen Kecewa
    9 Reses Anggota Dewan Rohil, Masyarakat Ajukan Pertanyaan Terkait Pilpeng
    10 Coreng Nama Baik Instansi,
    Gawat!! Diduga Oknum Kadis Mesum, Diminta Bupati Nisbar Tindak Tegas Jangan Tebang Pilih
     
    Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2016-2018 PT. Mafis Siaga Pers, All Rights Reserved
    Pengunjung hari ini : | Total pengunjung : 0 | Total Hits :