Senin, 26 08 2019
Follow:  
www.siagaonline.com
 
Apel Pembentukan Satuan Satgas Untuk Menanggulangi Bencana Kebakaran Karhutla
Senin, 12-08-2019 - 19:02:56 WIB

TERKAIT:
 
  • Apel Pembentukan Satuan Satgas Untuk Menanggulangi Bencana Kebakaran Karhutla
  •  

    Siagaonline.com, Karimun - Kapolres Karimun bersama Dandim 0317 Tbk dan Danlanal Tbk pimpin apel pembentukan Satuan Tugas (Satgas) untuk menanggulangi bencana kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Kabupaten Karimun, Provinsi Kepri. Senin (12/8/2019) pagi di Halaman Upacara Mapolres Karimun.

    Ini merupakan perdana di jajaran Polda Kepri, Satgas gabungan yang dibentuk sebanyak 250 personel tersebut  terdiri dari TNI, Polri, SAR, Basarnas, Satpol PP, Tagana, BMKG dan juga ada Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Karimun.

    "Alhamdulillah puji suyukur kita panjatkan kehadirat tuhan yang maha esa, Allah SWT atas segala limpahan Rahmat dan hidayahnya kepada kita semua , sehingga saat ini kita masih bisa diberikan kesehatan ,kekuatan dan kesempatan untuk dapat bersama-sama hadir dilapangan Apel Polres Karimun arimun ini, dalam rangka apel bersama Satgas penanggulangan kebakaran Hutan dan Lahan dikabupaten karimun," ujar Kapolres Karimun AKBP Hengky Pramudya SIK dalam kata sambutannya

    Maksud dan tujuan diadakannya apel ini adalah dalam rangka menyamankan langkah serta menyatukan tekad untuk saling bahu membahu dalam mengantisipasi dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan dikabupaten karimun.

    Sebagai mana kita ketahui bersama geografis wilayah Propinsi Kepulauan Riau secara umum kepulauan berjumlah 2.408 pulau yang terdiri dari 366 berpenghuni dan 2.042 tidak berpenghuni dan 22 pulau terluar serta kabupaten karimun secara langsung berbatasan dengan negara Malaysia. Sambungnya.

    Secara umum kawasan hutan dikabupaten karimun 31,675,88.hektar yang meliputi hutan produksi , hutan produksi terbatas ,yang dapt dikonversi yang tersebar di pulau karimun, kundur dan pulau Moro, jelasnya.

    "Kita ketahui bersama baik melalui media cetak maupun elektronik, kebakaran hutan dan lahan di Indonesia hampir terjadi diseluruh propensi dengan lahan terbakar 2,6 juta hektar pada tahun 2015, dan hal ini telah menyebabkan kerugian yang tidak sedikit baik materiil maupun immaterial  yang meliputi pembatalan penerbangan, aktifitas perkantoran dan sekolah diliburkan , kerugian ekonomi, ancaman kesehatan bagi manusia dan kerugian lainnya," terang Hengky.

    Dibanding tahun 2016, lanjutnya, Hotspot kebakaran hutan dan lahan tahun 2019 turun, tapi dibandingkan tahun 2018  angka hotspot naik, hal ini tidak boleh terjadi lagi yang seharusnya turun tiap tahun dan tidak boleh naik .

    Untuk di Provinsi Kepulauan Riau tercatat rawan kebakaran hutan dan lahan pada tahun 2019 sejumpal 117 lokasi, yang terdiri dari Tanjungpinang 78 lokasi, Barelang Batam 29 lokasi, lingga 5 lokasi, Bintan 4 lokasi , dan Anambas 1 lokasi, jelasnya.

    Meskipun Kabupaten Karimun secara umum belum memiliki titik panas ( hotspot ) rawan kebakaran hutan dan lahan, bukan berarti kita berfikir under estimate dan tidak waspada, namun langkah tepat yang kita lakukan adalah tanggap pencegahan segala aspek potensi kerawanan  kebakaran hutan dan lahan, jangan sampai terjadi apalagi apinya hidup dan membesar, kita bingung untuk memadamkan," ungkap Hengky.

    Menyikapi hal tersebut, perlu adanya Sinergitas antara Pemerintah Daerah, TNI, Polri, Intansi terkait, Swasta dan Masyarakat Kabupaten Karimun, sehingga langka antisipasi dan mitigasi tidak kendor dalam upaya tanggap pencegahan kebakaran Hutan dan Lahan yang menjadi Atensi Nasional, Hal tersebut sejalan dengan amanat intruksi Presiden Nomor 16 tahun 2011 tentang peningkatan pengendalian kebakaran hutan dan lahan yang telah menginstruksikan kepada

    15 kementrian/lembaga termasuk Gubenur dan Bupati/walikota untuk melakukan tugas pengendalian kebakaran hutan dan lahan diwilayahnya masing-masing. Sambungnya.

    Menjaga lingkungan agar tetap sehat merupakan amanat UUD 1945. Dalam UUD 1945 pasal 28 ayat (1) berbunyi " sertiap orang berhak hidup sejahtera lahir dan batin , bertempat tinggal dan mendapatkan lingkungan hidup yang baik dan sehat serta berhak memperoleh pelayanan kesehatan".

    Apabila lingkungan sehat, hutan mempunyai manfaat yang lestari, tidak terjadi pencemaran maka kita sendirilah yang akan menikmati kehidupan yang nyaman dan sehat sedangkan apabila lingkungan rusak, hutan hancur maka kita sendiri pulalah yang akan menderita.

    Pada kesempatan ini , saya mengajak kepada seluruh jajaran, Instansi Pemerintah, swasta dan segenap masyarakat untuk lebih peduli kepada lingkungan kita bersama 2 dapat bekerja lebih keras , cerdas, dan tuntas untuk dapat melakukan kegiatan pemadam, patroli dan mensosialisasikan seruan larangan kepada seluruh masyarakat untuk tidak membakar hutan dan lahan, serta upaya-upaya lain yang produktif yang dapat mengurangi dan mencegah terjadinya pembakaran hutan dan lahan dikabupaten karimun. Papar Hengky.

    Acara Apel tampak Turut hadir Kodim , TNI Al , Brimob Polda Kepri ,shabara ,lantas, satpol air ,Polsek daratan , Intel , reskrim , Tagana , SAR kabupaten karimun , BMKG kabupten Karimun, satpol PP, Damkar. (Zubaidah)




    Loading...


     
    Berita Lainnya :
  • Apel Pembentukan Satuan Satgas Untuk Menanggulangi Bencana Kebakaran Karhutla
  •  
    Komentar Anda :

     
    GALERI FOTO
    Galeri Foto Pemkab Rokan Hulu:
    Hari Pertama Lebaran, Bupati Shalat Id, Halal Bihalal dan Gelar Open House di Rumah Dinas
     
    ADVERTORIAL
    Satgas Bersama Warga Terus Kebut Pembangunan Jamban di Lokasi TMMD
     
    TERPOPULER
    1 Diduga Perusahan Hilangkan Hak Karyawan, Buruh PT RGMS Gelar Aksi Mogok Kerja
    2 Perusahaan Hilangkan Hak Karyawan, Ratusan Buruh PT RGMS Gelar Mogok Kerja
    3 Ratusan Karyawan Pt. Asia Citra Melakukan Demo Tuntut Pembayaran Gaji Dan THR
    4 Bupati Bungkam?
    Mendagri Diminta Perintahkan Bupati Nias Barat Copot Oknum Kadis Terduga Mesum
    5 Ratusan Anggota FSPPP Melakukan Aksi Demo Kekantor Disnaker Rohil
    6 PT. Langgam Harmoni Tolak Serikat, Puluhan Karyawan Lakukan Mogok Kerja
    7 Terkait Penemuan Air Mineral Merk Crystalline Mengandung Kotoran dalam Kemasan, Konsumen Kecewa
    8 Siswai SMP Diperkosa dan Dibunuh, Ternyata Pelakunya Ayah Tiri Korban
    9 Coreng Nama Baik Instansi,
    Gawat!! Diduga Oknum Kadis Mesum, Diminta Bupati Nisbar Tindak Tegas Jangan Tebang Pilih
    10 Reses Anggota Dewan Rohil, Masyarakat Ajukan Pertanyaan Terkait Pilpeng
     
    Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2016-2018 PT. Mafis Siaga Pers, All Rights Reserved
    Pengunjung hari ini : | Total pengunjung : 0 | Total Hits :