Minggu, 04 Desember 2022
Follow:  
www.siagaonline.com
 
Antisipasi Sejak Dini di Musim Hujan, Kodim 0619 Gelar Apel Bersama
Rabu, 26-10-2022 - 11:00:12 WIB
Foto : Gelar Pasukan saat apel Kesiapsiagaan Bencana alam di Makodim 0619.
TERKAIT:
   
 


Siagaonline.com | PURWAKARTA, Menghadapi musim hujan maka perlu adanya antisipasi terkait dengan kejadian-kejadian bencana alam di wilayah kabupaten Purwakarta. Maka dengan itu, jajaran Kodim 0619/Purwakarta mengelar apel kesiapsiagaan satuan dalam rangka menghadapi bantuan penanganan bencana alam, bertempat di lapangan Makodim 0619/Purwakarta, Jl. K.K Singawinata No 111 Kelurahan Nagri Kidul Kab. Purwakarta.

Dalam apel itu, terlihat beberapa unsur dari Polres Purwakarta, BPBD Purwakarta, Satpol PP, PMI, Dishub, personil Damkar Kabupaten Purwakarta serta unsur lainnya mengikuti apel, Rabu 26 Oktober 2022.

"Akhir-akhir ini di wilayah Kabupaten Purwakarta cuaca terbilang ekstrim yaitu pada pagi hari menuju siang hari terasa panas dan siang menuju malam terjadi hujan deras," Kata Dandim 0619/Purwakarta Letkol Arm Andi Achmad Afandi yang disampaikan oleh Danramil 1907/Bungursari Kapten Arm Wahyu Widodo saat briefing Penanggulangan bencana.

Menurutnya, hal ini dapat memicu terjadinya bencana seperti banjir, longsor dan tidak menutup kemungkinan bisa terjadi bencana lainnya seperti angin puting beliung dan pohon tumbang.

"Meskipun bencana tersebut tidak kita harapkan, namun kita harus terus dan tetap siap siaga serta selalu waspada apabila sewaktu-waktu bencana terjadi," jelas dia.

Untuk itu, kata Wahyu, Kodim 0619/Purwakarta mengharapkan partisipasi seluruh pihak untuk turut berperan serta menghadapi kemungkinan terjadinya potensi ancaman bencana tersebut.

Pihaknya dalam kesempatan itu juga menyampaikan, bahwa penanggulangan bencana alam bukan hanya tugas pemerintah daerah, TNI, POLRI, SAR maupun instansi terkait semata. Namun kita semua harus menyadari, bahwa penanggulangan bencana merupakan panggilan kemanusiaan dan menjadi tanggung jawab kita bersama seluruh masyarakat Kabupaten Purwakarta, termasuk kalangan dunia usaha, akademisi, juga media.

"Kita tidak boleh lengah dengan kondisi saat ini, sekalipun berada pada kondisi aman, namun kita tetap perlu mengantisipasi. Melalui penyusunan rencana Kabupaten Purwakarta," tegas dia.

Kata Danramil, melalui penyusunan rencana penanggulangan bencana yang baik (good disaster management plan), sebagai bentuk upaya pencegahan dan mitigasi bencana.

Bahwa keterbatasan sarana dan prasarana menjadi salah satu hambatan dalam penanganan bencana. Ungkap Danramil 1907, maka karena kesiapsiagaan menghadapi bencana merupakan tanggung jawab seluruh elemen masyarakat, untuk meningkatkan sinergitas dan bekerjasama dalam meningkatkan kualitas penanganan bencana di Kabupaten Purwakarta.

Sejalur dengan itu, sambung dia, apel gelar pasukan dam Pedengkapan penanggulangan Bencana ini, bertuga sebagai kontrol atas kesiapan dan keberadaam sumber daya manusia dan peralatan penanggulangan bencana dalam menghadapi bencana geometeorologi yang dapat terjadi sewaktu-waktu, sehingga siap setiap saat ketika dibutuhkan.

"Saya memberikan apresiasi positf dengan dilaksanakannya Apel Gelar Pasukan dan Perlengkapan Penanggulangan Bencana ini, sebagai bentuk kesiapsiagaan lembaga pemerintah dan nonpemerintah, seluruh elemen penanggulangan bencana bersama dengan seluruh masyarakat dalam menghadapi berbagai kemungkinan ancaman bencana," cetusnya.

Tim yang solid, katanya lagi, dan perlengkapan yang senantiasa siap akan membawa kita pada penanganan bencana yang lebih baik, sehingga saya menilai apel ini sangat penting untuk dilaksanakan, mengingat kondisi cuaca saat ini yang tidak dapat diprediksi dan berpotensi menimbulkan bencana alam.

Dirinya juga menyampaikan terkait kondisi pandemi Covid-19 di Kabupaten Purwakarta sedang melandai. Namun demikian, seperti yang sudah-sudah, jangan sampai kita lengah terhadap keadaan yang sedang stabil ini.

"Jangan bosan-bosannya saya ingatkan untuk terus melaksanakan protokol kesehatan secara tertib dan benar," pungkasnya.(sep).

Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa korupsi dan lain-lainnya/rilis atau ingin pasang Iklan dan berbagi foto?
Silakan SMS/WatsApp ke:
0852-6599-9456
Via E-mail:
red_siagaonlinepku@yahoo.com / redaksisiagaonline@gmail.com
(Mohon Dilampirkan Data Diri Anda)




Loading...


 
Berita Lainnya :
  • Antisipasi Sejak Dini di Musim Hujan, Kodim 0619 Gelar Apel Bersama
  •  
    Komentar Anda :

     
    GALERI FOTO
    Bimtek SMKK Dibuka, Sekdakab Way Kanan Himbau Peserta
     
    ADVERTORIAL
    Jambore Kader PKK Panggung Perekat Silaturahmi Mendorong Kreativitas Dan Inovasi
     
    TERPOPULER
    1 Jokowi Tunjuk Listyo Sigit Sebagai Kapolri, Siap Uji Kelayakan di DPR
    2 Kebersihan Lingkungan Adalah Tanggung Jawab Bersama
    3 Perusahaan Hilangkan Hak Karyawan, Ratusan Buruh PT RGMS Gelar Mogok Kerja
    4 Diduga Perusahan Hilangkan Hak Karyawan, Buruh PT RGMS Gelar Aksi Mogok Kerja
    5 Terkait Penemuan Air Mineral Merk Crystalline Mengandung Kotoran dalam Kemasan, Konsumen Kecewa
    6 Bupati Bungkam?
    Mendagri Diminta Perintahkan Bupati Nias Barat Copot Oknum Kadis Terduga Mesum
    7 Para Pejabat Teras Jajaran Pusterad Diserahterimakan
    8 Kuasa Hukum Ust. Maheer At Thuwailibi Siap Ambil Tindakan Hukum
    9 Manfaat Penyuluhan Kesehatan Langsung Dapat Dirasakan Warga Desa Tujung
    10 PT. Langgam Harmoni Tolak Serikat, Puluhan Karyawan Lakukan Mogok Kerja
     
    Siaga Kepri | Siaga Sumut | Siaga Lampung | Siaga Jawa | Kuansing | DPRD Kuansing | DPRD Tanjung Pinang
    Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2016-2020 PT. Mafis Siaga Pers, All Rights Reserved