Senin, 04 Juli 2022
Follow:  
www.siagaonline.com
 
Teva Iris:Kinerja Kejari Tidak Flexibel
Sudah 5 Bulan Bungkam Terkait Dugaan Korupsi Sekwan DPRD Pekanbaru
Minggu, 29-05-2022 - 00:18:21 WIB

TERKAIT:
   
 

Siagaonline.com, Pekanbaru - Kajari Pekanbaru, Dr. Teguh Wibowo, S.H.,M.H, memilih bungkam ketika di konfirmasi awak Media ini soal perkembangan penanganan dugaan kasus mega Korupsi mantan Plt Sekwan DPRD Pekanbaru (BR), yang belakangan di lapor oleh Pemuda Milenial Pekanbaru (PMP) pimpinan Risma Yulis, alias Teva Iris. Sabtu, 29/05/2022.

Diketahui, bahwa Teva Iris, yang di dampingi oleh Pemuda Lira, Sucipto dan rekan-rekan pada Februari lalu secara resmi telah melaporkan dugaan korupsi 50 Miliar Lebih di masa tugas Plt Badria Rikasari (BR), namun sampai saat ini, sudah 5 bulan belum terlihat adanya kinerja Kejari Pekanbaru yang signifikan untuk mengungkap dugaan kasus tersebut.

,"Entah bagaimana kinerja Kejari Pekanbaru ini, saya sangat bingung selaku Pemuda Pekanbaru yang berharap agar semua bentuk Korupsi dapat di bongkar oleh Kejari Pekanbaru, namun sudah 5 bulan, tidak jelas, justru ada Informasi, Kejari malah menyerahkan berkas laporan kami kepada inspektorat, kan aneh ini cara Kerja Kejaksaan Pekanbaru," sebut Teva Iris dalam konferensi Pers di Pekanbaru.

Menurut Teva Iris, ada Indikasi kuat, bahwa Kejari Pekanbaru, melalui Kasi Intel, Kejari Pekanbaru, Lasargi Marel, justru terkesan melindungi terduga Koruptor di Sekwan DPRD Pekanbaru (BR), yang hingga saat ini terkesan licin dan ada backing dari oknum aparat hukum.

,"Dari perkembangan Informasi yang kami tangkap soal laporan kami tentang dugaan korupsi 50 miliar lebih di Sekwan DPRD Pekanbaru, ada dugaan kongkalikong, antara BR dan Oknum Kejari, sehingga kasus ini kami duga di Desain agar seakan-akan tidak ada unsur pidananya, padahal data yang kami laporkan sangat signifikan untuk dijadikan dasar mengungkap dugaan kasus korupsi Sekwan DPRD Pekanbaru," lanjut Iris.

Prediksi Ketua Pemuda Milenial Pekanbaru, Teva Iris, terhadap adanya potensi kerugian keuangan Negara sebesar Rp 50 miliar lebih selama tahun 2020 adalah berdasarkan sejumlah data dokumen dari realisasi anggaran melalui beberapa kegiatan di masa pendemi Covid 19 yang menimpa Indonesia, termasuk Kota Pekanbaru.

Dari sejumlah kegiatan yang di realisasi kan oleh sekretaris DPRD Pekanbaru, dan diduga terjadi penyimpangan-penyimpangan anggaran atau tindak pidana korupsi adalah melalui kegiatan,
 1. Realisasi Anggaran AKD Puluhan Milyar.
2. Kegiatan rapat-rapat Paripurna Milyaran Rupiah.
3. Kegiatan makan minum rapat kantor Milyaran Rupiah.  
4. Penyebaran Informasi yang bersifat penyuluhan (Pengelolaan Website DPRD Kota Pekanbaru) sebesar puluhan Milyar Rupiah.
5. Dugaan markup biaya perawatan dan dugaan laporan fiktif terhadap sejumlah mobil kendaraan operasional di Sekretariat DPRD Kota Pekanbaru.  
6. Dugaan Markup dan laporan fiktif terhadap realisasi tenaga harian lepas (THL) di lingkungan DPRD Kota Pekanbaru, dan
7. Dugaan markup dan fiktif atas realisasi kegiatan pemeliharaan dan perawatan kendaraan operasional DPRD Pekanbaru.

Beberapa bulan lalu sempat dikonfirmasi awak Media ini kepada kasi Intel Kejari Pekanbaru, Lasargi Marel, SH, MH, mengatakan, pihaknya justru menyerahkan berkas laporan Pemuda Milenial Pekanbaru itu kepada inspektorat Kota Pekanbaru, untuk di tindak lanjuti, padahal, sebagaimana di sampaikan oleh Pakar Hukum Pidana Riau, Erdiansah, SH.,M.H, kala itu, jika tugas inspektorat seharusnya sudah selesai di awal, karena inspektorat adalah fungsi internal pemerintah, secara rutin, namun lain halnya dengan Kejaksaan yang di sebutnya sebagai penegak hukum yang wajib melakukan pendalaman bagi setiap laporan masyarakat.

Terbaru, Kamis 27/05/2022, awak media ini kembali melakukan konfirmasi secara elektronik kepada Kajari Pekanbaru, melalui Kasi Intel Kejari Pekanbaru, Lasargi Marel, S.H.,M.H, namun hingga berita ini di muat, Lasargi Marel dan Kajari Pekanbaru, Teguh Wibowo pun memilih bungkam.

Atas hal ini, melalui keterangan Pers nya, Teva Iris, saat di hubungi awak Media ini mengatakan, jika laporan pihaknya dalam waktu dekat tidak ada kejelasan hukumnya dari Kejari Pekanbaru, maka akan kembali turun ke Jalan dan meminta Kajagung RI, ST Burhanudin agar mencopot Kajari Pekanbaru, Teguh Wibowo, dan Lasargi Marel dari jabatanya, karena di nilai tidak bernyali membongkar Korupsi di Kota Pekanbaru.

,"Jika penegakan hukum di Kejari ini mandul, maka jalan terakhir kami adalah turun kembali ke jalan untuk menyuarakan kebenaran, dan meminta Kajagung RI, ST Burhanudin, Copot Kajari Pekanbaru, Teguh Wibowo dan Kasi Intel, Lasargi Marel," pungkasnya. (R/R)




Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa korupsi dan lain-lainnya/rilis atau ingin pasang Iklan dan berbagi foto?
Silakan SMS/WatsApp ke:
0852-6599-9456
Via E-mail:
red_siagaonlinepku@yahoo.com / redaksisiagaonline@gmail.com
(Mohon Dilampirkan Data Diri Anda)




Loading...


 
Berita Lainnya :
  • Sudah 5 Bulan Bungkam Terkait Dugaan Korupsi Sekwan DPRD Pekanbaru
  •  
    Komentar Anda :

     
    GALERI FOTO
    Turnamen Badminton Kundur Cup Resmi Ditutup Kapolsek Kundur
     
    ADVERTORIAL
    Bencana Alam Tanah Longsor Menutupi Jalan Umum Malalak
     
    TERPOPULER
    1 Jokowi Tunjuk Listyo Sigit Sebagai Kapolri, Siap Uji Kelayakan di DPR
    2 Kebersihan Lingkungan Adalah Tanggung Jawab Bersama
    3 Perusahaan Hilangkan Hak Karyawan, Ratusan Buruh PT RGMS Gelar Mogok Kerja
    4 Diduga Perusahan Hilangkan Hak Karyawan, Buruh PT RGMS Gelar Aksi Mogok Kerja
    5 Terkait Penemuan Air Mineral Merk Crystalline Mengandung Kotoran dalam Kemasan, Konsumen Kecewa
    6 Bupati Bungkam?
    Mendagri Diminta Perintahkan Bupati Nias Barat Copot Oknum Kadis Terduga Mesum
    7 Para Pejabat Teras Jajaran Pusterad Diserahterimakan
    8 Kuasa Hukum Ust. Maheer At Thuwailibi Siap Ambil Tindakan Hukum
    9 Manfaat Penyuluhan Kesehatan Langsung Dapat Dirasakan Warga Desa Tujung
    10 PT. Langgam Harmoni Tolak Serikat, Puluhan Karyawan Lakukan Mogok Kerja
     
    Siaga Kepri | Siaga Sumut | Siaga Lampung | Siaga Jawa | Kuansing | DPRD Kuansing | DPRD Tanjung Pinang
    Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2016-2020 PT. Mafis Siaga Pers, All Rights Reserved