Minggu, 04 Desember 2022
Follow:  
www.siagaonline.com
 
Masa Sidang II 2021-2022, Rapat Paripurna Penyampaian Reses DPRD Pekanbaru
Senin, 20-06-2022 - 23:42:22 WIB

TERKAIT:
   
 

SiagaOnline.com, Pekanbaru - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Pekanbaru menggelar rapat paripurna dengan agenda laporan pelaksanaan kegiatan reses anggota DPRD Pekanbaru masa sidang ke-II tahun 2021/2022, berlangsung di Ruang Paripurna Gedung Balai Payung Sekaki, Senin (20/6/2021).


Rapat tersebut dipimpin Wakil Ketua DPRD Pekanbaru Ir Nofrizal MM didampingi Dua Wakil Ketua lainnya Ginda Burnama ST dan Tengku Azwendi Fajri SE. Dan dihadiri langsung oleh Penjabat (Pj) Walikota Pekanbaru Muflihun beserta Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pekanbaru Muhammad Jamil, Kepala OPD hingga Camat.

Rapat Paripurna Laporan Pelaksanaan Kegiatan Reses Anggota DPRD Pekanbaru masa sidang ke-II tahun 2021/2022 ini dibuka secara langsung Plt Sekretaris DPRD Pekanbaru, Baharuddin.

Laporan pelaksanaan reses ini dibacakan oleh masing-masing juru bicara (jubir) yang mewakili daerah pemilihan (dapil). Diantaranya, Muhammad Isa Lahamid dari Dapil I (Limapuluh-Sukajadi-Pekanbaru Kota), Irman Sasrianto dari Dapil II (Rumbai-Rumbai Timur-Rumbai Barat), Ruslan Tarigan dari Dapil III (Tenayan Raya-Sail-Kulim). Indra Sukma dari Dapil IV (Bukit Raya-Marpoyan Damai), Ida Yulita Susanti dari Dapil V (Tuah Madani & Binawidya) dan Doni Saputra dari Dapil VI (Senapelan-Payung Sekaki). Keenam juru bicara ini menyampaikan hasil laporan kegiatan reses yang dilaksanakan pada tanggal 12-17 April 2022.

Adapun persoalan yang dibacakan dalam penyampaian reses anggota DPRD Pekanbaru ini antara lain terkait infrastruktur seperti pengaspalan dan semenisasi, perbaikan drainase dan jembatan, sampah, banjir, penerangan lampu jalan, pelayanan administrasi kependudukan seperti pengurusan BPJS, KIS dan Jamkesda.

Selain itu, masalah pendidikan seperti penyaluran dana BOS, pelayanan kesehatan hingga bantuan modal usaha bagi UMKM juga menjadi sorotan dalam laporan pelaksanaan reses anggota DPRD Pekanbaru.

Dalam kesempatan itu, Juru bicara Dapil I Eri Sumarni menyampaikan dari berbagai persoalan yang disampaikan masyarakat saat reses kemarin, yang paling utama diselesaikan Pemko yakni, masalah jalan rusak dan galian PDAM (SPAM).

“Masih banyak jalan-jalan rusak akibat galian galian IPAL yang belum diperbaiki. Sekarang ditambah lagi dengan PDAM. Masyarakat berharap segera diperbaiki tanpa alasan,” imbuhnya.

Selain itu, juru bicara Dapil IV Indra Sukma menyampaikan ada ratusan usulan masyarakat yang ia terima. Secara umum aspirasinya, infrastruktur jalan aspal dan semenisasi, drainase, gorong-gorong, KIS, Jamkesda, beasiswa, persampahan dan lainnya.

‘Tolong Pak Pj Wako direalisasikan. Jangan hanya janji semata,” uajar juru bicara Dapil IV Indra Sukma.

Sementara itu, juru bicara Dapil V Ida Yulita Susanti, SH.,MH, dalam Paripurna tersebut justru menyampaikan, bahwa aspirasi yang diterima anggota dewan, hampir sama.
Bahkan, menurutnya, setiap kali reses, jarang persoalan baru yang muncul, selain masalah prioritas infrastruktur, banjir dan lainnya.