Minggu, 04 Desember 2022
Follow:  
www.siagaonline.com
 
HUT Sunda Gaoel Ke5 Dengan Tagline Sunda Gaoel Rahayu Sunda Ngahiji Macan Ali Allahu Akbar
Senin, 04-07-2022 - 08:39:31 WIB

TERKAIT:
   
 

SiagaOnline.com, Pekanbaru - Ulang tahun Sunda Gaoel Ke5 serta gebyar kesenian Sunda Berjalan Dengan Meriah, Acara dihadiri oleh Ketua DPP Misuri Eyang Surahmat,  Ketua Sunda Ngacapruk, Ketua Misuri Kampar , Misuri Rohul, Ketua Misuri Pekanbaru, Sunda Gaoel Inhil dan  Bunda Ayu  Srikandi Laskar Agung Macan Ali Nuswantara Kesultanan Cirebon  serta Panglima Kibuyut Gunung Sembung  Laskar Macan Ali Wilayah Purwakarta. Serta perkumpulan Sunda lainnya dibawah bendera Misuri. Acara dilaksanakan di Taman Wisata Alam Mayang Pekanbaru, Minggu (03/07/22).

Acara pembukaan ulang tahun  Sunda Gaoel dibuka Dengan Tarian Lengser,  Doa dan pembacaan ayat suci Al quran dilanjut dengan Santunan anak yatim  serta pemotongan kue ulang tahun. Pada awak media Ketua  Sunda Gaoel Djuli menyampaikan” Alhamdulillah pada Milad Ke-5 Sunda Gaoel, kita menampilkan seni budaya dari daerah Sunda ada, Jaipongan, Silat Tunggal mauoun Ganda. Atraksi Debus Padungdungan dan lengseran kita gelar juga, Bambu Gila. Dimana Bambu Gila itu sendiri, kita artikan sebagai kebersamaan, kekompakan orang-orang Sunda, yang ada di perantauan.

Dengan Bambu Gila, disini kita buktikan dengan cara sifat gotong-royong, digotong sama-sama, sebatang kayu, dengan kekuatan yang tidak terduga, dimana bisa terangkat.
Artinya Gimana bisa bergerak, itu harus ada jiwa korsa, sedangkan di Paguyuban harus adanya semangat Silaturahminya.
 
Tambah Djuli, kebersamaan Keraton Cirebon prabu Dias Saya di sini Alhamdulillah udah panglima macan Ali. Dengan di bawahnya guru saya di Purwakarta, dari Bogor dan sebagainya kami bagi-bagi karena ada kegiatan 3 Juli ini.

Harapan kami kedepan, tentunya kita ingin Orang-orang Sunda Lebih Solid, Kompak dan Nyatu, tidak ada blok-blokan. Kami ucapkan terima kasih banyak, kepada para tamu undangan yakni Orangtua serta para sesepuh dari Misuri Riau, Misuri Kota Pekanbaru, serta Perkumpulan-perkumpulan Sunda Lainnya, yang telah berkenan hadir di acara kami ini," tutur Djuli.

Eyang Surachmat Ketua Misuri Riau” Alhamdulillah hari ini yang berbahagia ini saya menghadiri anak saya adinda,  Raden DJuli di mana beliau adalah pupuhu ketua dari Sunda Gaoel.

Semoga Sunda Gaoel, ini kedepan lebih bermanfaat buat warga Sunda dan juga seluruh Masyarakat Riau Umumnya dan Kota Pekanbaru Khususnya. Sunda juga selalu bermitra dan bersinergi dengan Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota di Riau ini, mengingat kita Misuri dan Orang-orang Sunda ada di 12 Kabupeten/Kota di Riau.
 
Acara ini  meriah  seperti ini saya juga merasa bangga bisa mendatangkan ahli-ahli seni budaya dari Jawa Barat. Dan ini perlu kita pertahankan dan perlu  dikembangkan yang ada di Indonesia selamat buat Raden Juli ya semoga bertambah sukses ke depan. Kita  Misuri Selalu menunjang dan mendukung program-program pemerintah provinsi Riau sampai saat ini.

Kita adalah paguyuban berarti kita harus guyub seperti barusan diutarakan orang Sunda ngajhiji kalau sudah ngahiji  pasti akan kuat jangan berpisah-pisah insyaallah dengan kita bersatu bersama kita bisa bersatu akan kita teguh.

Insya Allah kemajuan untuk Provinsi Riau yang selama ini banyak didukung oleh orang-orang Sunda dari pihak pertanian perkebunan kuliner kesehatan dan sebagainya itu ada orang Sunda semua.

Jumlah kita kurang lebih ada 720.000 jiwa, siap mendukung untuk pemerintah ke depan untuk lebih maju dan lebih bermanfaat aman, sejahtera adil dan makmur,” tutur Eyang Surachmat selaku Ketua Misuri Provinsi Riau.

Bunda Ayu Laskar Macan Ali" Langgayuwa Surat Maring Kaluhuran. Artinya kita harus menjaga dan melestarikan seni dan budaya warisan leluhur. Atraksi yang dibawakan Tarawangsa Buhun, seni budaya Debus Serta bambu gila," tutupnya.

Tagline yang disampaikan Sunda Gaoel
Sunda gaul Rahayu
Sunda Ngahiji
Macan Ali Allahu Akbar

Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa korupsi dan lain-lainnya/rilis atau ingin pasang Iklan dan berbagi foto?
Silakan SMS/WatsApp ke:
0852-6599-9456
Via E-mail:
red_siagaonlinepku@yahoo.com / redaksisiagaonline@gmail.com
(Mohon Dilampirkan Data Diri Anda)




Loading...


 
Berita Lainnya :
  • HUT Sunda Gaoel Ke5 Dengan Tagline Sunda Gaoel Rahayu Sunda Ngahiji Macan Ali Allahu Akbar
  •  
    Komentar Anda :

     
    GALERI FOTO
    Bimtek SMKK Dibuka, Sekdakab Way Kanan Himbau Peserta
     
    ADVERTORIAL
    Jambore Kader PKK Panggung Perekat Silaturahmi Mendorong Kreativitas Dan Inovasi
     
    TERPOPULER
    1 Jokowi Tunjuk Listyo Sigit Sebagai Kapolri, Siap Uji Kelayakan di DPR
    2 Kebersihan Lingkungan Adalah Tanggung Jawab Bersama
    3 Perusahaan Hilangkan Hak Karyawan, Ratusan Buruh PT RGMS Gelar Mogok Kerja
    4 Diduga Perusahan Hilangkan Hak Karyawan, Buruh PT RGMS Gelar Aksi Mogok Kerja
    5 Terkait Penemuan Air Mineral Merk Crystalline Mengandung Kotoran dalam Kemasan, Konsumen Kecewa
    6 Bupati Bungkam?
    Mendagri Diminta Perintahkan Bupati Nias Barat Copot Oknum Kadis Terduga Mesum
    7 Para Pejabat Teras Jajaran Pusterad Diserahterimakan
    8 Kuasa Hukum Ust. Maheer At Thuwailibi Siap Ambil Tindakan Hukum
    9 Manfaat Penyuluhan Kesehatan Langsung Dapat Dirasakan Warga Desa Tujung
    10 PT. Langgam Harmoni Tolak Serikat, Puluhan Karyawan Lakukan Mogok Kerja
     
    Siaga Kepri | Siaga Sumut | Siaga Lampung | Siaga Jawa | Kuansing | DPRD Kuansing | DPRD Tanjung Pinang
    Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2016-2020 PT. Mafis Siaga Pers, All Rights Reserved