Rabu, 29 Juni 2022
Follow:  
www.siagaonline.com
 
DPMPTSP Kabupaten Siak Terima Penghargaan 51 Pengelola Pengaduan Pelayanan Publik Terbaik se Indones
Kamis, 16-06-2022 - 17:04:16 WIB

TERKAIT:
   
 

SiagaOnline.com, Siak - Pemerintah Kabupaten Siak melalui Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Siak dianugerahi Penghargaan Kompetisi Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik (P4) Ke-4 Tahun 2022, yang ditaja Kementerian PANRB bersama Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kantor Staf Presiden, dan Ombudsman RI. Kompetisi yang digelar dengan melibatkan berbagai badan publik tersebut merupakan upaya pemerintah untuk mendorong peningkatan pengelolaan pengaduan pelayanan publik.

Penghargaan yang diserahkan kepada 51 badan publik pengelola pengaduan pelayanan publik terbaik se Indonesia itu, diterima di Jakarta, Kamis (16/06/22).

'Penghargaan ini diinisiasi oleh pemerintah, sebagai tindak lanjut Keputusan Menteri PAN RB Nomor 1473 Tahun 2021 tentang penyelenggaraan kompetisi pengelolaan pengaduan pelayanan publik” kata Bupati Alfedri, didampingi Kepada DPMPTSP Kabupaten Siak Robiati.

Alfedri juga menjelaskan, dengan selesainya tahapan seleksi kompetisi tersebut, Pemkab Siak dan badan publik pemerintah lainnya diundang untuk menghadiri penganugerahan Penghargaan Kompetisi Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik (P4) Ke-4 untuk kategori 51 Unit Pengelolaan Pelayanan Publik terbaik yang diselenggarakan di Ritz Carlton Hotel, Mega Kuningan Jakarta.

"Syukur Alhamdulillah, dalam kompetisi ini Pemkab Siak melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Siak menerima penghargaan untuk kategori 51 Unit Pengelolaan Pelayanan Publik (UPP) terbaik se Indonesia dari Kementerian PANRB.” sebutnya.

Orang Nomor Satu Negeri Istana berharap, anugerah tersebut dapat menjadi motivasi bagi organisasi perangkat daerah lainnya dilingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Siak, hingga tingkat pemerintah kecamatan desa dan kelurahan untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan publik, khususnya dalam merespon pengaduan pelayanan publik.

“Selamat untuk jajaran Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Siak. Semoga keberhasilan ini menjadi motivasi bagi OPD lainnya hingga tingkat kecamatan kelurahan dan kampung untuk melakukan pembenahan kualitas layanan publik” sebut Alfedri.

Sementara itu Kepala DPMPTSP Kabupaten Siak Robiati, dikesempatan yang sama menjelaskan bahwa penghargaan tersebut didapatkan atas penilaian kepatuhan atas SOP Pengaduan Pelayanan Publik yang telah ditetapkan bagi badan publik pemerintah. Selain itu kata dia, pelaksanaan survey kepuasan masyarakat, rapat evaluasi, hingga baiknya sinergi antara lintas OPD terkait juga menjadi penilaian tersendiri.
 
“Dalam lima tahun terakhir kita menerima empat hingga delapan pengaduan setiap tahunnya, yang kita tindaklanjuti dalam durasi 3 hari kerja. Sehingga persentase pengaduan yang selesai ditindaklanjuti berkisar 100 persen setiap tahun. Hasil survey kepuasan masyarakat dari tahun ketahun juga meningkat, Tahun 2021 indeks kepuasan masyarakat mencapai 90,15. Untuk pengelolaan pengaduan pelayanan public yang sudah berjalan di DPMPTSP Kabupaten Siak dilakukan melalui tiga kanal, yaitu aplikasi SP4N LAPOR, melalui website dpmptsp.siakkab.go.id, dan pengaduan langsung melalui isian formulir di kotak pengaduan.” jelasnya.

Disamping itu kata Robiati, layanan pengembangan sistem layanan pengaduan secara online, DPMPTSP Kabupaten Siak juga mengembangkan sejumlah inovasi pelayanan publik, diantaranya pengembangan aplikasi survey kepuasan masyarakat secara online, penilaian petugas pelayanan berbasis tablet (touchscreen), layanan pengaduan berbasis media sosial dan elektronik, membuat Fraud Control Plan (Rencana Aksi Pencegahan Kecurangan/ Korupsi) serta membuka gerai pelayanan di tingkat kecamatan.

Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa korupsi dan lain-lainnya/rilis atau ingin pasang Iklan dan berbagi foto?
Silakan SMS/WatsApp ke:
0852-6599-9456
Via E-mail:
red_siagaonlinepku@yahoo.com / redaksisiagaonline@gmail.com
(Mohon Dilampirkan Data Diri Anda)




Loading...


 
Berita Lainnya :
  • DPMPTSP Kabupaten Siak Terima Penghargaan 51 Pengelola Pengaduan Pelayanan Publik Terbaik se Indones
  •  
    Komentar Anda :

     
    GALERI FOTO
    Tendangan Bola Irjen Iqbal Berhasil Jebol Gawang Tim Futsal Ditkrimsus
     
    ADVERTORIAL
    Bencana Alam Tanah Longsor Menutupi Jalan Umum Malalak
     
    TERPOPULER
    1 Jokowi Tunjuk Listyo Sigit Sebagai Kapolri, Siap Uji Kelayakan di DPR
    2 Kebersihan Lingkungan Adalah Tanggung Jawab Bersama
    3 Perusahaan Hilangkan Hak Karyawan, Ratusan Buruh PT RGMS Gelar Mogok Kerja
    4 Diduga Perusahan Hilangkan Hak Karyawan, Buruh PT RGMS Gelar Aksi Mogok Kerja
    5 Terkait Penemuan Air Mineral Merk Crystalline Mengandung Kotoran dalam Kemasan, Konsumen Kecewa
    6 Bupati Bungkam?
    Mendagri Diminta Perintahkan Bupati Nias Barat Copot Oknum Kadis Terduga Mesum
    7 Para Pejabat Teras Jajaran Pusterad Diserahterimakan
    8 Kuasa Hukum Ust. Maheer At Thuwailibi Siap Ambil Tindakan Hukum
    9 Manfaat Penyuluhan Kesehatan Langsung Dapat Dirasakan Warga Desa Tujung
    10 PT. Langgam Harmoni Tolak Serikat, Puluhan Karyawan Lakukan Mogok Kerja
     
    Siaga Kepri | Siaga Sumut | Siaga Lampung | Siaga Jawa | Kuansing | DPRD Kuansing | DPRD Tanjung Pinang
    Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2016-2020 PT. Mafis Siaga Pers, All Rights Reserved