Kamis, 06 Oktober 2022
Follow:  
 
Paripurna DPRD Rohil
Agenda "Penyampaian Rancangan Pembahasan Ranperda Kab.Rohil Tahun Anggaran 2021 oleh Banggar"
Jumat, 23-09-2022 - 14:41:57 WIB

TERKAIT:
   
 

SiagaOnline.com,Rohil-DPRD Kabupaten Rokan Hilir menggelar sidang paripurna, diruang sidang utama, Kantor DPRD Rokan Hilir, Jalan Lintas Pesisir,Batu 6, Kamis (22/09/2022).

Sidang paripurna ini beragendakan Penyampaian Rancangan  Pembahasan Ranperda Kabupaten Rokan Hilir Tahun Anggaran 2021 oleh Badan Anggaran sekaligus pengambilan keputusan.

Rapat dipimpin langsung oleh ketua DPRD Rohil,Maston didampingi wakil ketua,H.Abdulah, Basiran Nur Efendi dan dihadiri juga oleh Sekretaris Dewan (Sekwan), H.Sarman Syahroni,ST serta 36 orang anggota DPRD Rohil.

Sedangkan dari Pemerintah Daerah dihadiri oleh Wakil Bupati Rohil H Sulaiman SS MH didampingi Kepala OPD dilingkungan pemerintah Kabupaten Rokan Hilir.

Rapat paripurna ke 9 masa sidang III  DPRD Rohil tersebut berjalan khidmat dan ditandai dengan penandatanganan SK DPRD tentang persetujuan rancangan peraturan daerah tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2021.

"Kita masuki agenda pokok rapat paripurna hari ini adalah penyampaian laporan pembahasan ranperda  tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD tahun anggaran 2021 oleh Badan Anggaran DPRD Kabupaten Rokan Hilir," kata ketua DPRD, Maston dalam sambutannya saat memimpin Paripurna.

Maston menjelaskan, Paripurna yang dilaksanakan sesuai peraturan pemerintah republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah pasal 194 ayat (D kepala daerah menyampaikan rancangan perda tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD kepada DPRD dengan dilampiri laporan  keuangan yang telah diperiksa oleh Badan Pemeriksa Keuangan serta ikhtisar laporan kinerja dan laporan keuangan BUMD paling lambat enam bulan setelah tahun anggaran berakhir," ujarnya.

Lebih lanjut disampaikan Maston, tugas kepala daerah berpedoman pada undang-undang republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2014 tentang pemerintahan daerah pasal 65 ayat (1) huruf D menyusun dan mengajukan rancangan perda tentang APBD , rancangan perda tentang perubahan APBD, dan rancangan perda pertanggungjawaban pelaksanaan APBD kepada DPRD untuk di bahas bersama," jelasnya.

Sementara itu, juru bicara Badan Anggaran (Banggar) DPRD Rohil Imam Suroso, SE, dalam laporannya mengatakan, berdasarkan uraian pembahasan rancangan peraturan daerah tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD Kabupaten Rokan Hilir Tahun Anggaran 2021.

Terkait realisasi laporan perubahan saldo anggaran neraca laporan operasional  perubahan ekuitas dan catatan atas laporan keuangan, maka Tim Banggar DPRD kabupaten Rokan Hilir atas laporan pertanggungjawaban APBD Kabupaten Rokan hilir Tahun Anggaran 2021, merekomendasikan kepada pemerintah kabupaten Rokan hilir agar dalam rangka meningkatkan pendapatan asil daerah kabupaten Rokan Hilir diperlukan adanya optimalisasi terhadap pendapatan dan pengelolaan pendapatan daerah yang pontensial masih terdapat sumber pendapatan daerah dari pajak daerah.

"Seperti pajak perhotelan dan pajak bumi, serta retribusi daerah yang masih berada di bawah target dan ilustrasi, oleh karena itu, beberapa langkah upaya yang dapat dilakukan kebijakan atas intensif dan ekstensifikasi sumber sumber pad dilakukan melalui optimalisasi penghasilan pajak daerah, dan retribusi pajak daerah termasuk tentang daerah yang menjadi potensi unggul di kabupaten Rokan Hilir," Ujarnya.

Yang kedua lanjut imam Suroso, selain apa yang dikemukakan diatas, Banggar DPRD mengapresiasi hasil audit BPK perwakilan Riau, Pemerintah Kabupaten Rokan hilir memperoleh  opini Wajar Tampa pengecualian, suatu hasil yang sangat dinanti oleh setiap instansi vertikal maupun daerah daerah, baik kabupaten kota maupun provinsi.

"Menyikapi laporan pertanggung jawaban APBD Tahun 2021 telah Disampaikan kepada fraksi fraksi guna diminta pendapatnya serta saksi DPRD kabupaten Rokan Hilir yang juga tergabung dalam Badan Anggaran yang mana sepakat menerima rancangan peraturan daerah tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2021," Ucap Imam Suroso.

Wakil Bupati Rohil H Sulaiman dalam sambutanya menyampaikan pendapat serta kesepakatan melalui rekomendasi terhadap pertanggungjawaban pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2021 melalui rapat dewan yang terhormat.

"Kami menyampaikan ucapan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas saran dan pendapat serta kesepakatan melalui rekomendasi terhadap pertanggungjawaban pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2021. 

"Dengan telah dibahasnya rancang peraturan daerah tentang laporan pertanggungjawaban pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2021 tanpa mengurangi esensi yang terdapat dalam laporan tersebut, sehingga, laporan yang akuntabel dan transparan dapat dipertanggung jawabkan dan diterima oleh seluruh masyarakat yang diwakili anggota dewan yang terhormat, akhirnya dengan ikhtiar yang maksimal seraya bermunajat kepadanya kita berharap semoga Allah subhanahu wa ta'ala Tuhan Yang maha esa senantiasa memberikan ridho dan rahmatnya kepada kita Semua Amin ya rabbal Al-Amin," ucap Wabup.



Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa korupsi dan lain-lainnya/rilis atau ingin pasang Iklan dan berbagi foto?
Silakan SMS/WatsApp ke:
0852-6599-9456
Via E-mail:
red_siagaonlinepku@yahoo.com / redaksisiagaonline@gmail.com
(Mohon Dilampirkan Data Diri Anda)




Loading...


 
Berita Lainnya :
  • Agenda "Penyampaian Rancangan Pembahasan Ranperda Kab.Rohil Tahun Anggaran 2021 oleh Banggar"
  •  
    Komentar Anda :

     
    GALERI FOTO
    Bupati karimun Dr H Aunur Rafiq Menghadiri Acara Rapat Koordinasi Pendataan Awal Registrasi Sosial E
     
    ADVERTORIAL
    Jalin Silaturahmi Dengan Akademisi, Bupati Nanang ke Kampus STAI YASBA Ajak Mahasiswa Diskusi Terbuk
     
    TERPOPULER
    1 Jokowi Tunjuk Listyo Sigit Sebagai Kapolri, Siap Uji Kelayakan di DPR
    2 Kebersihan Lingkungan Adalah Tanggung Jawab Bersama
    3 Perusahaan Hilangkan Hak Karyawan, Ratusan Buruh PT RGMS Gelar Mogok Kerja
    4 Diduga Perusahan Hilangkan Hak Karyawan, Buruh PT RGMS Gelar Aksi Mogok Kerja
    5 Terkait Penemuan Air Mineral Merk Crystalline Mengandung Kotoran dalam Kemasan, Konsumen Kecewa
    6 Bupati Bungkam?
    Mendagri Diminta Perintahkan Bupati Nias Barat Copot Oknum Kadis Terduga Mesum
    7 Para Pejabat Teras Jajaran Pusterad Diserahterimakan
    8 Kuasa Hukum Ust. Maheer At Thuwailibi Siap Ambil Tindakan Hukum
    9 Manfaat Penyuluhan Kesehatan Langsung Dapat Dirasakan Warga Desa Tujung
    10 PT. Langgam Harmoni Tolak Serikat, Puluhan Karyawan Lakukan Mogok Kerja
     
    Siaga Kepri | Siaga Sumut | Siaga Lampung | Siaga Jawa | Kuansing | DPRD Kuansing | DPRD Tanjung Pinang
    Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2016-2020 PT. Mafis Siaga Pers, All Rights Reserved