Selasa, 27 09 2022
Follow:  
www.siagaonline.com
 
Kadis Sosial P3A Rohul Serahkan Bantuan Atensi Kewirausahaan di Desa Tanjung Medan
Selasa, 23-08-2022 - 21:04:58 WIB

TERKAIT:
   
 

SiagaOnline.com, Rokan Hulu – Bentuk kepedulian untuk pemenuhan kebutuhan bagi anak korban kekerasan seksual dan peningkatan kemampuan kewirausahaan bagi keluarga korban, Pemkab Rokan Hulu (Rohul) melalui Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos P3A) Rohul terus bersinergi dengan Kementerian Sosial RI melalui Balai Sentra Abiseka Pekanbaru dalam memberikan bantuan  Atensi Kewirausahaan Sosial.

Setelah melalui tahapan Asesmen oleh Sentra Abiseka Pekanbaru didampingi Pekerja Sosial memberikan pendampingan dan advokasi bagi anak yang Berhadapan Hukum (ABH). Dinsos P3A Rohul bekerjasama dengan Sentra Abiseka Pekanbaru menyerahkan bantuan kebutuhan anak dan bantuan Kewirausahaan, di Desa Tanjung Medan, Kecamatan Rokan IV Koto, Senin (22/8/2022) sekitar Pukul 16.00 WIB.

Bantuan Asistensi Rehabilitasi Sosial (Atensi) berupa perlengkapan sekolah, makanan Nutrisi dan Modal kewirausahaan ini diserahkan langsung oleh Kepala Dinas Sosial dan P3A Rohul H. Damri Poti S.Sos M.Si dan Pekerja Sosial Sentra Abiseka Pekanbaru Suyono.

Kepala Dinas Sosial P3A Rokan Hulu H. Damri Poti S.Sos M.AP mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Sosial RI melalui Balai Sentra Abiseka Pekanbaru yang telah melakukan respon kasus, Asesmen hingga pelaksanaan, sehingga bantuan Atensi Anak dan Kewirausahaan ini dapat terealisasi.

Ia berharap bantuan Atensi yang diberikan berupa bantuan pemenuhan kehidupan untuk perlengkapan pendidikan anak hingga peningkatan kemampuan keterampilan dan kewirausahaan, dengan harapan dapat mendorong peningkatan pemberdayaan ekonomi penerima manfaat.

“Berkat koordinasi dan sinergitas Dinsos P3A Rohul dengan Sentra Abiseka Pekanbaru. Alhamdulillah hari ini kita bisa menyerahkan langsung bantuan untuk kebutuhan anak-anak dan Atensi Kewirausahaan. Saya berharap bantuan ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Semoga Psikologis anak pulih dan hak-haknya terpenuhi, melalui kewirausahaan pemberdayaan ekonomi keluarga semakin berdaya,” harap Damri.

Eks Kadis Perpustakaan dan Arsip Rohul ini mengaku anak korban kekerasan seksual perlu mendapatkan perhatian dan dukungan dari Pemerintah. Oleh karena itu, Dinsos P3A Rohul dan Balai Sentra Abiseka Pekanbaru terus membantu dan mendampingi anak dan keluarga untuk dapat mendukung perkembangan anak yang lebih baik.

"Kita juga melihat potensi untuk berusaha disini sangat prospek, karena ibu ini tinggal dilingkungan sekolah, nanti bisa berjualan, kita harapkan juga dukungan dari Pemdes Tanjung Medan untuk membuat kantin untuk berjualan," harapnya.

“Selain itu, kita harapkan di lingkungan setempat untuk mendukung aktivitas kehidupan keluarga korban sehingga mereka dapat merasa aman dan selanjutnya dapat berinteraksi di lingkungannya dengan baik, tanpa adanya rasa takut akan stigma dari masyarakat sekitar,” ujarnya

Sementara itu, Pekerja Sosial Balai Sentra Abiseka Pekanbaru Suyono mengatakan bantuan Atensi Kewirausahaan ini menindaklanjuti laporan dari Dinas Sosial P3A Rohul. Ia mengaku Balai Sentra Abiseka Pekanbaru merespon kasus tersebut, sehingga anak dapat tertangani sesuai dengan kondisi dan kebutuhannya.

“Pertama, kita dapat informasi terkait dengan adanya kasus disini. Setelah itu kita dapat penugasan untuk respon kasus. Dari Asesmen kemarin, terencana lah perlunya untuk mensupport korban dalam bentuk bantuan Atensi Kewirausahaan untuk pemberdayaan ekonomi dan memenuhi kebutuhan keluarga korban,” harapnya

Ia mengaku dari hasil Asesmen tersebut, Ibu korban yang awalnya merupakan seorang Ibu Rumah Tangga (IRT), sekarang berfungsi sebagai pencari nafkah, setelah suaminya terjerat permasalahan hukum.

“Jadi dengan perkembangan itu, kita memberikan bantuan Atensi Kewirausahaan, agar dia bisa berusaha dan mendapatkan hasil untuk memenuhi kebutuhan keluarga dan kebutuhan untuk sekolah anaknya,” ujarnya

“Bantuan yang kita berikan berupa perlengkapan sekolah, sembako dan peralatan kewirausahaan. Kita berharap melalui bantuan ini ibunya bisa berjualan, kita bersama Dinas Sosial P3A Rohul secara berkala terus membina dan memantau perkembangan usaha ibu ini,” harapnya

Ditempat yang sama, Ibu Korban, Sri kepada wartawan, Senin (22/8/2022) mengucapkan terima kasih kepada Dinsos P3A Rohul dan Sentra Abiseka Pekanbaru yang telah memberikan bantuan untuk keperluan sekolah anaknya dan bantuan modal kewirausahaan.

“Terima kepada pak Kadis Sosial dan Sentra Abiseka Pekanbaru, Bantuan ini sangat berharga bagi keluarga dan anak-anak. Saya berharap bantuan ini untuk menambah semangat anak saya untuk belajar di Sekolah, serta bantuan modal untuk membuka usaha ini sebagai awal untuk meningkatkan ekonomi untuk memenuhi kebutuhan keluarga kedepan nya,” ungkap Ibu 2 anak ini dengan nada haru. (Rls/Des)

Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa korupsi dan lain-lainnya/rilis atau ingin pasang Iklan dan berbagi foto?
Silakan SMS/WatsApp ke:
0852-6599-9456
Via E-mail:
red_siagaonlinepku@yahoo.com / redaksisiagaonline@gmail.com
(Mohon Dilampirkan Data Diri Anda)




Loading...


 
Berita Lainnya :
  • Kadis Sosial P3A Rohul Serahkan Bantuan Atensi Kewirausahaan di Desa Tanjung Medan
  •  
    Komentar Anda :

     
    GALERI FOTO
    Bupati karimun Dr H Aunur Rafiq Menghadiri Acara Rapat Koordinasi Pendataan Awal Registrasi Sosial E
     
    ADVERTORIAL
    Jalin Silaturahmi Dengan Akademisi, Bupati Nanang ke Kampus STAI YASBA Ajak Mahasiswa Diskusi Terbuk
     
    TERPOPULER
    1 Jokowi Tunjuk Listyo Sigit Sebagai Kapolri, Siap Uji Kelayakan di DPR
    2 Kebersihan Lingkungan Adalah Tanggung Jawab Bersama
    3 Perusahaan Hilangkan Hak Karyawan, Ratusan Buruh PT RGMS Gelar Mogok Kerja
    4 Diduga Perusahan Hilangkan Hak Karyawan, Buruh PT RGMS Gelar Aksi Mogok Kerja
    5 Terkait Penemuan Air Mineral Merk Crystalline Mengandung Kotoran dalam Kemasan, Konsumen Kecewa
    6 Bupati Bungkam?
    Mendagri Diminta Perintahkan Bupati Nias Barat Copot Oknum Kadis Terduga Mesum
    7 Para Pejabat Teras Jajaran Pusterad Diserahterimakan
    8 Kuasa Hukum Ust. Maheer At Thuwailibi Siap Ambil Tindakan Hukum
    9 Manfaat Penyuluhan Kesehatan Langsung Dapat Dirasakan Warga Desa Tujung
    10 PT. Langgam Harmoni Tolak Serikat, Puluhan Karyawan Lakukan Mogok Kerja
     
    Siaga Kepri | Siaga Sumut | Siaga Lampung | Siaga Jawa | Kuansing | DPRD Kuansing | DPRD Tanjung Pinang
    Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2016-2020 PT. Mafis Siaga Pers, All Rights Reserved