Minggu, 02 Oktober 2022
Follow:  
www.siagaonline.com
 
Anggota DPRD Arisandy Dan Tim Pengacara Tawarkan Solusi Hukum bagi Warga Balakka Sipunggur
Minggu, 10-04-2022 - 23:08:07 WIB

TERKAIT:
   
 

SiagaOnline.Com, Padang Sidempuan - Duka mendalam yang dirasakan masyarakat Dusun II Balakka Sipunggur  Desa Batang Bahal Kecamatan Padang Sidempuan Batunadua Kota Padang Sidempuan Sumatera Utara tiada terperih akibat ulah Mak Rimbang yang tidak kelihatan batang hidungnya beberapa hari ini.

Tak terbayangkan betapa kalutnya dalam hati mereka karena tabungan lebaran yang telah dititipkan kepada Mak Rimbang tidak tau sekarang juntrungannya.

Mak Rimbang melakoni bak bank berjalan sebagai tempat penitipan simpan - pinjam uang dan barang dimana nasabahnya hampir satu kampung Dusun II Balakka Sipunggur.

Sekira Milyaran rupiah dana dan barang ditambah sertifikat rumah dipercayakan masyarakat dipergunakan Mak Rimbang untuk mengelola usahanya tanpa ada perjanjian mengikat selain modal kepercayaan.

Bisnis tabungan lebaran dan pinjam pakai barang dari keterangan warga sudah berlangsung 4 ( empat ) tahunan dan sebelumnya Mak Rimbang juga melakukan usaha perkreditan barang kebutihan warga hingga meminjamkan uang bagi yang mendesak.

Namun ditahun ke 4 (empat) ini tepatnya di bulan suci Ramadhan 1443 H, Kamis 7 April 2022, Mak Rimbang sudah meninggalkan kediamannya diduga kabur dengan menyisakan utang - piutang para nasabahnya.

Sontak gempar kepergian Mak Rimbang yang tanpa jejak, membuat masyarakat Balakka Sipunggur terkejut luar biasa, lemah lunglai kadang meradang karena sebentar lagi jelang lebaran, impian tabungan akan dikembalikan berikut bunga simpanannya.

Sesampainya berita Viral Mak Rimbang ini ke Publik, baru Iswandi Arisandy Anggota DPRD Padang Sidempuan dari Fraksi PAN yang berempati menyambangi duka masyarakat dan menghiburnya dengan menawarkan upaya - upaya keadilan hukum sebagai solusi jalan keluar.

" Kita hadir disini bersama beberapa tim pengacara abang Adnan Buyung Lubis dan 
rekan Tri Setyo Muhammad Fuadi,SH dan Sukri Hamonangan Dalimunthe.SH, menawarkan siap meng advokasi bapak ibu sekalian untuk dikawal melakukan pelaporan ke pihak kepolisian," ujar pria yang akrab disapa dengan nama Andi kepada warga, Minggu 10 April 2022.

Katanya lagi ke Warga, upaya pelaporan ke pihak penegak hukum untuk mencari solusi dan keadilan agar Mak Rimbang bisa ditemukan keberadaannya.

" Bila para korban sepakat menempuh jalan hukum, saya akan mencoba menemui Kapolres Padang Sidempuan untuk menerangkan maksud dan tujuannya" sambungnya.

Pengacara Adnan Buyung Lubis dan Tri Setyo Muhammad Fuadi,SH dan Sukri Hamonangan Dalimunthe.SH yang ikut bersama Andi pada kesempatannya mencoba menemukan celah pidana yang berpotensi kuat melanggar pasal KUHP.

Dari sesi wawancara yang dilakukan, Adnan bersama rekannya menduga kuat kasus yang terjadi menimpa korban adalah Penggelapan Tabungan Lebaran milik masyarakat atau nasabah Mak Rimbang.

" Dari sekilas hasil wawancara kita dengan para korban, untuk sementara kita menduga pasal 372 KUHP yang berkenaan adalah Penggelapan. Selanjutnya kita serahkan kembali ke pihak korban apa mau dilaporkan dan kita siap dampingi sebagai kuasa hukumnya.' ujar Adnan Buyung Lubis.

Diterangkannya lagi, Pasal 372 KUHP berbunyi : Barangsiapa dengan sengaja memiliki dengan melawan hak sesuatu barang yang sama sekali atau sebagiannya termasuk kepunyaan orang lain dan barang itu ada dalam tanganya bukan karena kejahatan, dihukum karena penggelapan, dengan hukuman penjara selama-lamanya 4 (empat) tahun.

Usai bertemu dengan Anggota DPRD Andi dan pengacara, tampaknya masyarakat selaku korban bersedia membawa persoalan tersebut ke penegak hukum. Dalam waktu dekat mereka akan mendatangi Mapolres Padang Sidempuan untuk melakukan pelaporan terhadap Mak Rimbang.(Amils)




Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa korupsi dan lain-lainnya/rilis atau ingin pasang Iklan dan berbagi foto?
Silakan SMS/WatsApp ke:
0852-6599-9456
Via E-mail:
red_siagaonlinepku@yahoo.com / redaksisiagaonline@gmail.com
(Mohon Dilampirkan Data Diri Anda)




Loading...


 
Berita Lainnya :
  • Anggota DPRD Arisandy Dan Tim Pengacara Tawarkan Solusi Hukum bagi Warga Balakka Sipunggur
  •  
    Komentar Anda :

     
    GALERI FOTO
    Bupati karimun Dr H Aunur Rafiq Menghadiri Acara Rapat Koordinasi Pendataan Awal Registrasi Sosial E
     
    ADVERTORIAL
    Jalin Silaturahmi Dengan Akademisi, Bupati Nanang ke Kampus STAI YASBA Ajak Mahasiswa Diskusi Terbuk
     
    TERPOPULER
    1 Jokowi Tunjuk Listyo Sigit Sebagai Kapolri, Siap Uji Kelayakan di DPR
    2 Kebersihan Lingkungan Adalah Tanggung Jawab Bersama
    3 Perusahaan Hilangkan Hak Karyawan, Ratusan Buruh PT RGMS Gelar Mogok Kerja
    4 Diduga Perusahan Hilangkan Hak Karyawan, Buruh PT RGMS Gelar Aksi Mogok Kerja
    5 Terkait Penemuan Air Mineral Merk Crystalline Mengandung Kotoran dalam Kemasan, Konsumen Kecewa
    6 Bupati Bungkam?
    Mendagri Diminta Perintahkan Bupati Nias Barat Copot Oknum Kadis Terduga Mesum
    7 Para Pejabat Teras Jajaran Pusterad Diserahterimakan
    8 Kuasa Hukum Ust. Maheer At Thuwailibi Siap Ambil Tindakan Hukum
    9 Manfaat Penyuluhan Kesehatan Langsung Dapat Dirasakan Warga Desa Tujung
    10 PT. Langgam Harmoni Tolak Serikat, Puluhan Karyawan Lakukan Mogok Kerja
     
    Siaga Kepri | Siaga Sumut | Siaga Lampung | Siaga Jawa | Kuansing | DPRD Kuansing | DPRD Tanjung Pinang
    Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2016-2020 PT. Mafis Siaga Pers, All Rights Reserved