Breaking News
Tim Evaluasi Desa Binaan Provsu Kunjungi Desa Sorimanaon Tapsel | Sekda Rohul Hadiri Penilaian Kinerja Penurunan Stunting 2024 | Wabup Rohul Indra Gunawan Hadiri Farewell Party SDN 002 Ujungbatu | Negara Dirugikan Rp 300 Triliun Perkara Persekongkolan PT Timah TBK | H Sukiman Calon Potensial Pilgub Riau 2024 | Pemdes Bandan Hurip Salurkan BLT-DD Bulan Juni Dan Juli TA 2024 Kepada 22 KPM Kamis, 30 Mei 2024

 
🢭 Siagaonline.com ⮞ Kuantan Singingi
Rizki JP. Poliang Sarankan PH Aldiko Pelajari UU Nomor 18 Tahun 2013
Kuantan Singingi | Sabtu, 27 Mei 2023 12:27:08 WIB

SiagaOnline.com, Kuansing - Polemik antara Kepala UPT KPH Singingi dengan oknum anggota DPRD Kuansing Aldiko terkait penyitaan alat berat excavator yang beroperasi di kawasan hutan lindung bukit betabuh, masih hangat diperbincangkan di ruang publik.


Bahkan di kedua belah pihak, baik penasehat hukum (PH) antara PH kepala UPT KPH Singingi, Abriman maupun PH oknum anggota DPRD Kuansing, Aldiko saling mengklaim bahwa masing-masing telah memahami hukum acara.

Sebelumnya, Citra Abdillah, SH, MH, selaku PH Aldiko di salah satu media online menyebut statement Rizki JP. Poliang, SH, MH, yang membeberkan hasil BAP operator dan kernet alat yang disita UPT KPH Singingi, Sabtu (12/5) pekan lalu adalah penggiringan opini.

Sebab, kata Citra Abdillah yang akrab disapa Andi itu, seorang penyidik tidak diperkenankan menyebarluaskan BAP hasil keterangan pemeriksaan saksi.

 

"BAP itu kan rahasia penyidik, tidak boleh disebarluaskan. Kita pertanyakan profesional Abriman selaku KPH. Pengacara Abriman jangan menggiring opini. Atau beliau tidak paham hukum acara," kata Abdi.

Namun, statement Abdi tersebut sontak membuat Rizki JP. Poliang untuk berupaya menanggapi. Karena Rizki menganggap statement Abdi tersebut salah besar, ngaur dan asal bunyi (asbun).

Salah besar itu kalau PH Aldiko menyatakan pihak kami menggiring opini. Itu fakta yang terungkap. Publik perlu tau itu, agar tindakan yang dilakukan Aldiko itu tidak dianggap publik suatu perbuatan yang dapat dibenarkan karena dia seorang anggota DPRD.

Saya selaku advokat sah-sah saja menggali informasi untuk membuat terang suatu perkara yang tengah saya tangani, sepanjang tidak melanggar aturan hukum. Jadi PH Aldiko jangan sembarangan bicara.

"Perlu kami terangkan bahwa, perkara yang tengah ditangani pihak kehutanan berbeda dengan tindak pidana yang saat ini ditangani polres kuansing. Jangan dicampur adukkan, jadi siapa sebenarnya yang tak paham hukum acara," tanya Rizki JP Poliang.

Lebih lanjut pengacara muda Kuansing yang lagi naik daun itu juga menerangkan terkait penangkapan sekaligus menahan operator dan kernet yang lebih dari 1x24 tanpa kejelasan status yang mereka persoalkan tersebut, Rizki menyebut penyidik kehutanan punya kewenangan itu.

Silahkan PH Aldiko baca kewenangan penyidik kehutanan dalam uu no 18 tahun 2013, tak perlu saya sampaikan pasalnya, cari sendiri.

"Kalau mau berdebat yang subtantif, jangan mencampur adukkan materi perkara yang berbeda, silahkan jawab mengapa Aldiko melakukan penghadangan terhadap petugas yang hendak mengevakuasi alat berat tersebut," kata Rizki JP Poliang.


Tidak hanya itu, Pengacara kelahiran Kuansing tersebut juga mempertanyakan terkait apa hubungannya Aldiko dengan alat berat yang disita UPT KPH tersebut, karena sampai hari ini sambung Rizki, tidak ada klarifikasi yang kongkrit dari pihak Aldiko.

Mustinya yang menentukan salah atau benar terkait penangkapan maupun penahan itu adalah ranah pengadilan melalui mekanisme pra-peradilan, hukum acaranya jelas, bukan dengan cara menghadang, premanisme itu namanya.

"Yang jelas saya perlu tegaskan bahwa dalam peristiwa hukum ini terdapat dua dugaan tindak pidana yang berbeda, dan ditangani oleh institusi yang berbeda pula, mohon untuk tidak dicampur aduk. Dan saya berharap masalah ini betul-betul jadi atensi Kapolres Kuansing," tukas Rizki.


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa korupsi dan lain-lainnya/rilis atau ingin pasang Iklan dan berbagi foto?
Silakan SMS/WatsApp ke:
0852-6599-9456
Via E-mail:
red_siagaonlinepku@yahoo.com / redaksisiagaonline@gmail.com
(Mohon Dilampirkan Data Diri Anda)

Tim Evaluasi Desa Binaan Provsu Kunjungi Desa Sorimanaon Tapsel
Daerah | Kamis 30 Mei 2024, 04:29 WIB
Sekda Rohul Hadiri Penilaian Kinerja Penurunan Stunting 2024
Rokan Hulu | Kamis 30 Mei 2024, 04:26 WIB
Wabup Rohul Indra Gunawan Hadiri Farewell Party SDN 002 Ujungbatu
Rokan Hulu | Kamis 30 Mei 2024, 04:22 WIB
Negara Dirugikan Rp 300 Triliun Perkara Persekongkolan PT Timah TBK
Daerah | Kamis 30 Mei 2024, 04:20 WIB
H Sukiman Calon Potensial Pilgub Riau 2024
Rokan Hulu | Kamis 30 Mei 2024, 04:16 WIB
Pemdes Bandan Hurip Salurkan BLT-DD Bulan Juni Dan Juli TA 2024 Kepada 22 KPM
Siaga Lampung | Kamis 30 Mei 2024, 03:36 WIB



Komentar Anda :

 
Berita Terkini Indeks
#1 Tim Evaluasi Desa Binaan Provsu Kunjungi Desa Sorimanaon Tapsel
#2 Sekda Rohul Hadiri Penilaian Kinerja Penurunan Stunting 2024
#3 Wabup Rohul Indra Gunawan Hadiri Farewell Party SDN 002 Ujungbatu
#4 Negara Dirugikan Rp 300 Triliun Perkara Persekongkolan PT Timah TBK
#5 H Sukiman Calon Potensial Pilgub Riau 2024
#6 Pemdes Bandan Hurip Salurkan BLT-DD Bulan Juni Dan Juli TA 2024 Kepada 22 KPM
#7 Upacara Penyambutan dan Penerimaan Bintara Remaja di Polres Padangsidimpuan
#8 Bupati Lamsel Menerima Audiensi EGM Angkasa Pura II Bandara Radin Inten II
#9 Jadi Tujuan Utama Wisata, Lampung Selatan Target 1 Juta Wisatawan di 2024
#10 Jembatan Jl Poros Kecamatan Sragi Ambrol, Truck Dilarang Melintas Dan Lalin Dialihkan
 


 
 

Siagaonline.com adalah media online yang melayani informasi dan berita dengan mengutamakan kecepatan serta kedalaman informasi. Selengkapnya


 
Quick Links
 
+ Home
+ Redaksi
+ Disclaimer
+ Pedoman Berita Siber
+ Tentang Kami
+ Info Iklan
 
Kanal
 
+ Nasional
+ Daerah
+ Kota
+ Internasional
+ Politik
+ Ekonomi
+ Hukrim
+ Olahraga
+ Indeks
 

Alamat Redaksi/TU

 
Jalan Sekuntum No.26 Kelurahan Sialang Sakti, Kecamatan Tenayan Raya, Pekanbaru-Riau 28285
Telpon: 0852-6599-8456

Email:
red_siagaonlinepku@yahoo.com
Website:
www.siagaonline.com
 
Copyright © 2023 Siagaonline.com, all rights reserved