Breaking News
Buka Bimtek Kenaikan Pangkat Jabatan Fungsional Guru, Ini kata Sekda Arfan | Kadis Pendidikan Sukatno Membuka Penyelenggaraan PAUDHI | Sebanyak 17.328 Pekerja Rentan Di Tapsel Telah Terdaftar BP-JAMSOSTEK | Usai Dilantik, Kades Rosadi yang Akrab Disapa Cako Siap Jalankan Pesan Bupati Dan Amanah Masyarakat | Bupati Lampung Selatan Lantik 3 Kepala Desa Terpilih Di Kecamatan Palas | Babinsa Koramil 404-07/ME Sertu Diyanto Monitoring Pelantikan Perangkat Desa Muara Gula Baru Jumat, 22 September 2023

 
🢭 Siagaonline.com ⮞ Pekanbaru
Kepengurusan TKSK Provinsi Riau Periode 2023-2027 Resmi Dikukuhkan
Pekanbaru | Selasa, 06 Juni 2023 16:29:11 WIB

SiagaOnline.com, Pekanbaru - Kepengurusan forum komunikasi Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Provinsi Riau periode 2023-2027, resmi dikukuhkan oleh Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar, yang diwakili oleh Asisten I Setdaprov Riau Masrul Kasmy, di Grand Suka Hotel Pekanbaru, Selasa (06/06/2023).


Forum yang merupakan wadah pembinaan dan koordinasi antar TKSK se Provinsi Riau ini diketuai oleh Awis Qorni dan diperkuat 172 orang pengurus se Provinsi Riau.

"Bismillah, dengan ini saya mengukuhkan forum komunikasi TKSK Provinsi Riau periode 2023-2027. Selamat berjuang dan bekerja keras dalam mencapai tujuan demi kesejahteraan masyarakat Provinsi Riau," ucap Masrul Kasmy.

Dalam kesempatan tersebut Masrul Kasmy mengungkapkan rasa bangganya, teristimewa untuk para relawan TKSK sebagai garda terdepan dalam melakukan penanganan kesejahteraan di masyarakat.

"Sebagai relawan yang bertugas dan bertanggung jawab terhadap penyelenggaraan kesejahteraan sosial di wilayah kecamatan, tentu hal ini tidak lah mudah. Ada banyak tantangan, mulai dari terbatasnya sumber daya hingga kondisi topografi yang menyulitkan jangkauan. Namun, hal ini tidak sedikitpun mengurangi keinginan para pengurus dalam melaksanakan tugas demi mewujudkan cita-cita mulia yaitu kesejahteraan sosial. Semoga hal ini menjadi amal sholeh dan mendapatkan balasan yang setimpal dikemudian hari kelak," ungkap Masrul Kasmy.

Ia menyebutkan, salah satu tujuan dibentuk dan ditugaskannya kepengurusan TKSK adalah meningkatkan peran serta masyarakat dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial.

"Hal ini perlu kita cermati bersama, sesuai konsep pembangunan sosial berkelanjutan bahwa menempatkan masyarakat tidak hanya sebagai objek melainkan juga sebagai subjek pembangunan," sebut Masrul Kasmy.

Sebab, menurutnya TKSK harus mampu mendorong pelibatan masyarakat pada proses pembangunan kesejahteraan sosial. Secara psikologis, apabila masyarakat dilibatkan maka otomatis akan memunculkan kemandirian, namun sebaliknya jika masyarakat hanya sebagai penikmat, maka hanya akan menimbulkan ketergantungan yang berkepanjangan.

"Mandirinya masyarakat adalah hasil akhir dari sebuah proses pembanguan berkelanjutan," tambahnya.

Lebih lanjut, Masrul menyampaikan sebagai wujud perhatian terhadap pelaksanaan tugas TKSK di masyarakat, untuk Tahun 2023 Pemprov Riau berkomitmen memberikan bantuan transportasi setiap bulan bagi 172 orang TKSK se Provinsi Riau.

"Sudah dimulai pada tahun ini dianggarkan Rp 500.000 per orang. Semoga kedepannya bisa ditingkatkan sehingga gerak mereka lebih leluasa dalam memberikan pertolongan," ungkapnya.

Lebih lanjut, Masrul menambahkan Pemerintah juga akan mengupayakan premi asuransi BPJS kesehatan dan BPJS tenaga kerja untuk para pengurus.

"Kita akan upayakan untuk mereka mendapatkan premi asuransi agar mereka terlindungi. Kami juga berharap mudah-mudahan bantuan ini dapat memudahkan Bapak/Ibu TKSK Riau untuk melaksanakan tugas di lapangan," sebut Masrul Kasmy.

Selain itu, pemerintah pusat maupun daerah terus mengupayakan agar terpenuhinya kebutuhan masyarakat sehingga kualitas kehidupan dapat terus pulih dan bertumbuh positif setiap tahunnya.

Dalam kesempatan ini juga sekaligus dilaksanakan pembukaan Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi para pengurus TKSK. Bimtek ini akan digelar selama 3 hari, mulai dari 5 hingga 7 Juni 2023.

Kepala Dinas Sosial Riau, T. Zul Efendi diwakili Kabid Pemberdayaan Sosial, Muhammad Mustafa berharap dengan dikukuhkannya pengurus TKSK dan dilaksanakannya bimbingan teknis dapat meningkatkan kapasitas para pengurus.

"Adanya bimbingan teknis ini diharapkan dapat meningkatkan kapasitas para pengurus TKSK sebagai perpanjang tangan Dinas Sosial Riau yang dapat membantu dan menjangkau hampir ke seluruh pelosok wilayah kerjanya," harapnya.

"Tujuannya agar terciptanya TKSK Provinsi Riau yang siap guna dan dapat membantu dalam meningkatkan keberfungsian sosial masyarakat," kata Muhammad Mustafa.

Ia berharap, melalui bimbingan teknis ini para pengurus TKSK Riau dapat meningkatkan kapasitas yang mampu melaksanakan peran, tugas dan fungsinya dengan lebih optimal.

"Kita juga berharap penguatan peran TKSK Riau sebagai penyelenggara kesejahteraan sosial masyarakat juga dapat ditingkatkan dan bisa bekerjasama dengan berbagai pihak," harapnya.(mcr/so)


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa korupsi dan lain-lainnya/rilis atau ingin pasang Iklan dan berbagi foto?
Silakan SMS/WatsApp ke:
0852-6599-9456
Via E-mail:
red_siagaonlinepku@yahoo.com / redaksisiagaonline@gmail.com
(Mohon Dilampirkan Data Diri Anda)

Buka Bimtek Kenaikan Pangkat Jabatan Fungsional Guru, Ini kata Sekda Arfan
Daerah | Kamis 21 September 2023, 20:39 WIB
Kadis Pendidikan Sukatno Membuka Penyelenggaraan PAUDHI
Siaga Lampung | Kamis 21 September 2023, 20:34 WIB
Sebanyak 17.328 Pekerja Rentan Di Tapsel Telah Terdaftar BP-JAMSOSTEK
Siaga Sumut | Kamis 21 September 2023, 20:22 WIB
Usai Dilantik, Kades Rosadi yang Akrab Disapa Cako Siap Jalankan Pesan Bupati Dan Amanah Masyarakat
Siaga Lampung | Kamis 21 September 2023, 20:20 WIB
Bupati Lampung Selatan Lantik 3 Kepala Desa Terpilih Di Kecamatan Palas
Siaga Lampung | Kamis 21 September 2023, 20:17 WIB
Babinsa Koramil 404-07/ME Sertu Diyanto Monitoring Pelantikan Perangkat Desa Muara Gula Baru
Daerah | Kamis 21 September 2023, 20:14 WIB



Komentar Anda :

 
Berita Terkini Indeks
#1 Buka Bimtek Kenaikan Pangkat Jabatan Fungsional Guru, Ini kata Sekda Arfan
#2 Kadis Pendidikan Sukatno Membuka Penyelenggaraan PAUDHI
#3 Sebanyak 17.328 Pekerja Rentan Di Tapsel Telah Terdaftar BP-JAMSOSTEK
#4 Usai Dilantik, Kades Rosadi yang Akrab Disapa Cako Siap Jalankan Pesan Bupati Dan Amanah Masyarakat
#5 Bupati Lampung Selatan Lantik 3 Kepala Desa Terpilih Di Kecamatan Palas
#6 Babinsa Koramil 404-07/ME Sertu Diyanto Monitoring Pelantikan Perangkat Desa Muara Gula Baru
#7 Herman Deru Harapkan LDII Sebar Guru Ngaji Hingga Pelosok Sumsel
#8 Herman Deru Siap Fasilitasi Keinginan Warga Desa Mangsang Bangun Jaringan Listrik, Jalan Dan Gedu
#9 Gubernur Herman Deru Bersama Ribuan Warga Desa Bumi Kencana Lantunkan Shalawat Sambut Maulid Nabi Mu
#10 Polisi di Batang, Jawa Tengah, Sajikan Pesan Keamanan Lewat Khutbah Jumat Keliling
 


 
 

Siagaonline.com adalah media online yang melayani informasi dan berita dengan mengutamakan kecepatan serta kedalaman informasi. Selengkapnya


 
Quick Links
 
+ Home
+ Redaksi
+ Disclaimer
+ Pedoman Berita Siber
+ Tentang Kami
+ Info Iklan
 
Kanal
 
+ Nasional
+ Daerah
+ Kota
+ Internasional
+ Politik
+ Ekonomi
+ Hukrim
+ Olahraga
+ Indeks
 

Alamat Redaksi/TU

 
Jalan Sekuntum No.26 Kelurahan Sialang Sakti, Kecamatan Tenayan Raya, Pekanbaru-Riau 28285
Telpon: 0852-6599-8456

Email:
red_siagaonlinepku@yahoo.com
Website:
www.siagaonline.com
 
Copyright © 2023 Siagaonline.com, all rights reserved