Breaking News
Pj Bupati Rizali Pastikan Penyelesaian Pembangunan Jembatan EPD Didanai APBD Sumsel | Dapat Bantuan Bedah Rumah dari Bupati Lamsel, Warga Tanjung Bintang Ucap Syukur | Nanang Ermanto Sambangi Korban Rumah Terbakar di Desa Maja Dan Serahkan Bantuan | Lima Warga Kecamatan Rajabasa Dapat Bantuan Bedah Rumah dari Bupati Lampung Selatan | Bupati Lamsel Apresiasi Budidaya Benur dan Udang Vaname di Desa Way Muli | Pesan Erik Astrada untuk T. Tumanggor, Pj. Walikota P.sidimpuan yang Baru Tetap Jaga Kerendahan Hati Kamis, 20 Juni 2024

 
🢭 Siagaonline.com ⮞ Kampar
Gubernur Riau Syamsuar Panen Cabai dan Ubi Bersama Kelompok Tani Goro SAE
Kampar | Kamis, 28 September 2023 15:30:38 WIB

SiagaOnline.com, Kampar - Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar melakukan panen cabai dan ubi bersama Kelompok Tani Goro SAE. Lokasinya berada di Jalan Pasir Putih Desa Baru, Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar, Kamis (28/09/2013).


Dikatakan Gubri Syamsuar, bahwa ia bersyukur dapat bisa hadir dalam kegiatan panen hari ini. Menurutnya, dari pertemuan bersama kelompok tani tersebut bisa memberikan motivasi untuk bersemangat mendukung ketahanan pangan.

“Alhamdulillah hari ini juga kami melakukan kegiatan adanya panen cabe, kemudian juga panen ubi. Ini sekaligus untuk memotivasi para petani agar mereka senang dan semangat menanam tanaman sayur-sayuran dalam mendukung ketahanan pangan,” katanya.

Gubernur Syamsuar menjelaskan, produksi tanaman pangan sangat berkaitan dengan masa depan. Sehingga dengan adanya persiapan dari kelompok tani yang berkolaborasi bersama Pemprov Riau dapat membantu mengendalikan harga dan inflasi.

“Karena masa depan kita ini berkaitan dengan tanaman pangan. Ini diharapkan dengan adanya kesadaran masyarakat yang ikut membantu pemerintah dalam rangka untuk menyiapkan kesediaan pangan ini sekaligus juga bisa melakukan pengendalian harga. Tentunya kita dapat menjaga inflasi tidak tinggi di provinsi Riau,” jelasnya.

Diungkapkan, saat ini harga cabai di pasaran masih kurang stabil. Oleh karna itu, ia berpesan penanamannya semakin di perluas. Karena pemerintah daerah telah memberikan berbagai bantuan peralatan operasional yang dibutuhkan untuk kelompok tani.

“Untuk panen cabai, saya berharap ya sekiranya ini bisa sama-sama diperluas. Sekaligus juga tadi agar nanti tumbuhnya bisa lebih lebih subur. Namun, memang sekarang musim kurang hujan jadi mereka butuh dukungan dari pemerintah daerah termasuk peralatan operasional yang dibutuhkan,” ungkapnya.

“Tadi saya bilang juga, pupuk jangan tergantung pada subsidi. Tetapi saya harapkan mereka agar bisa menciptakan pupuk organik. Tentunya dari tanah Pemprov Riau yang di kelola kelompok tani ini bisa kita makan,” lanjut Gubri.

Sementara itu, Ketua Kelompok Tani Goro SAE, M Aspin Wibowo menerangkan sejak tahun 2020 pihaknya telah dipercayai untuk mengelola tanah Pemprov tempatnya di pasir putih dengan luasan sekitar 31 hektar. Kemudian, dirinya berterima kasih karena selama ini telah di dukung untuk melakukan penanaman.

“Kami sejak tahun 2020 telah di percaya Pemprov Riau untuk mengelola tanah di sini. Kami mengucapkan terima kasih, karna dengan kawan-kawan dan paguyuban serta didukung peralatan-peralatan sehingga kami bisa menanam tanaman untuk ketahanan pangan,” terangnya.

Dirinya menuturkan, ketahanan pangan yang di galakkan pihaknya yang utama yaitu ubi kayu. Lalu ada juga jagung dan kemudian ada cabai.

Tak hanya tanaman cabai. Di atas lahan di lokasi itu terdapat pula peternakan sapi dan kambing yang ampasnya itu bisa dikelola menjadi pupuk organik.

“Sehingga pertanian kita bisa terintegrasi dengan pupuk hewan atau organik untuk pemupukan. Dengan begitu, bisa juga untuk menunjang pertumbuhan tanaman,” tuturnya.

Dia menambahkan, selama ini hasil panen sangat menggembirakan para petani. Di lahan 4 hektar mampu memanen dalam jangka waktu sebulan. Untuk 1 hektar hasil dari ubi kayu perbatang rata-rata 7 kilo.

“Tandanya kalau petani kita masih bertahan berarti ada manfaat dan ada kesejahteraan untuk mereka sehingga bisa keberlanjutan. Dalam sebulan itu, sekarang yang siap panen ada 4 hektar. Sudah dicabut sekitar satu hektar. Untuk hasilnya dari ubi kayu perbatang rata-rata 7 kilogram. Kami dari kelompok tani Goro SAE, sangat senang bisa mengelola dengan kolaborasi bersama Pemprov Riau," tandasnya.(mcr/so)


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa korupsi dan lain-lainnya/rilis atau ingin pasang Iklan dan berbagi foto?
Silakan SMS/WatsApp ke:
0852-6599-9456
Via E-mail:
red_siagaonlinepku@yahoo.com / redaksisiagaonline@gmail.com
(Mohon Dilampirkan Data Diri Anda)

Pj Bupati Rizali Pastikan Penyelesaian Pembangunan Jembatan EPD Didanai APBD Sumsel
Daerah | Rabu 19 Juni 2024, 20:46 WIB
Dapat Bantuan Bedah Rumah dari Bupati Lamsel, Warga Tanjung Bintang Ucap Syukur
Siaga Lampung | Rabu 19 Juni 2024, 20:44 WIB
Nanang Ermanto Sambangi Korban Rumah Terbakar di Desa Maja Dan Serahkan Bantuan
Siaga Lampung | Rabu 19 Juni 2024, 20:43 WIB
Lima Warga Kecamatan Rajabasa Dapat Bantuan Bedah Rumah dari Bupati Lampung Selatan
Siaga Lampung | Rabu 19 Juni 2024, 20:42 WIB
Bupati Lamsel Apresiasi Budidaya Benur dan Udang Vaname di Desa Way Muli
Siaga Lampung | Rabu 19 Juni 2024, 20:41 WIB
Pesan Erik Astrada untuk T. Tumanggor, Pj. Walikota P.sidimpuan yang Baru Tetap Jaga Kerendahan Hati
Siaga Sumut | Rabu 19 Juni 2024, 18:29 WIB



Komentar Anda :

 
Berita Terkini Indeks
#1 Pj Bupati Rizali Pastikan Penyelesaian Pembangunan Jembatan EPD Didanai APBD Sumsel
#2 Dapat Bantuan Bedah Rumah dari Bupati Lamsel, Warga Tanjung Bintang Ucap Syukur
#3 Nanang Ermanto Sambangi Korban Rumah Terbakar di Desa Maja Dan Serahkan Bantuan
#4 Lima Warga Kecamatan Rajabasa Dapat Bantuan Bedah Rumah dari Bupati Lampung Selatan
#5 Bupati Lamsel Apresiasi Budidaya Benur dan Udang Vaname di Desa Way Muli
#6 Pesan Erik Astrada untuk T. Tumanggor, Pj. Walikota P.sidimpuan yang Baru Tetap Jaga Kerendahan Hati
#7 Dalam Rangka Hari Bhayangkara Ke 78, Polres Dharmasraya dan Pengurus Bhayangkari Lakukan Ini
#8 Ummul Nanda Ridhotun, Mahasiswi UNILA Tampilkan Tari Bedana di Gedung UNS Surakarta
#9 PT Pelabuhan Indonesia Regional 1 Tanjungpinang Salurkan Sapi Kurban
#10 Bupati Dolly Pasaribu Bersama Ketua TP PKK Tapsel Tinjau Tiga Lokasi Pemotongan Hewan Kurban
 


 
 

Siagaonline.com adalah media online yang melayani informasi dan berita dengan mengutamakan kecepatan serta kedalaman informasi. Selengkapnya


 
Quick Links
 
+ Home
+ Redaksi
+ Disclaimer
+ Pedoman Berita Siber
+ Tentang Kami
+ Info Iklan
 
Kanal
 
+ Nasional
+ Daerah
+ Kota
+ Internasional
+ Politik
+ Ekonomi
+ Hukrim
+ Olahraga
+ Indeks
 

Alamat Redaksi/TU

 
Jalan Sekuntum No.26 Kelurahan Sialang Sakti, Kecamatan Tenayan Raya, Pekanbaru-Riau 28285
Telpon: 0852-6599-8456

Email:
red_siagaonlinepku@yahoo.com
Website:
www.siagaonline.com
 
Copyright © 2023 Siagaonline.com, all rights reserved