Breaking News
Ini Harapan Kapolres Kota P.sidimpuan saat Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Pemilu 2024 | Sah Dilantik Sebagai Pj Gubernur Riau, SF Hariyanto: Saya akan Melaksanakan Amanah | KPU Kabupaten Lamsel Gelar Rapat Pleno Rekapitulasi Hasil Pemilu 2024 | Pastikan Ketersediaan Beras di Pekalongan, Kapolres Cek Stok Beras di Gudang Bulog Wiradesa | Pastikan Stok Pangan Aman, Bupati Nanang Ermanto Tinjau Gudang Bulog | Bupati Nanang Ermanto Terima Audiensi Pimpinan Cabang Pembantu Bulog Lampung Selatan Jumat, 1 Maret 2024

 
🢭 Siagaonline.com ⮞ Siaga Sumut
Kapolres Tapsel Memediasi Koperasi Sawit Sejahtera Dengan PTPN III Batangtoru
Siaga Sumut | Rabu, 29 November 2023 07:04:43 WIB

Ket Gbr. Suasana saat rapat mediasi KSS dengan PTPN III Batangtoru di Mako Polres Tapsel.

SiagaOnline.Com, Tapanuli Selatan - Sesuai surat undangan Kapolres Tapanuli Selatan (Tapsel) Nomor 1862 tertanggal 23/11/2023 telah diadakan rapat mediasi perihal mediasi permasalahan di Desa Muara Upu bertempat di Aula Pratidina Polres Tapsel Jalan Sisingamangaraja Kota Padangsidimpuan, Selasa (28/11/2023)

Dihadiri peserta rapat dari mewakili Bupati Tapsel, mewakili Kapolres Tapsel, mewakili Pihak PTPN III Batangtoru, Forkopimcam Kecamatan Muara Batangtoru yakni, Kapolsek Batangtoru, Danramil Batangtoru, Camat Muara Batangtoru, perwakilan masyarakat Desa Muara Upu sekaligus mewakili Koperasi Sawit Sejahtera (KSS) dan Kades Muara Upu yang nama-namanya sebagaimana daftar hadir dan menandatangani Notulen rapat ini.

Adapun hasil rapat sebagai berikut, Pihak KSS yang anggotanya warga Desa Muara Upu dengan anggota KSS seluruhnya 159 KK mempunyai lahan seluas 1.500 Ha yang berada diwilayah Desa Muara Upu.

Lahan 1.500 Ha tersebut diserahkan ke pihak PTPN III Batangtoru dengan jual beli melalui KSS guna dibangun kebun kelapa sawit.

Dalam kesepakatan yang dibangun sebagaimana dimaksud walaupun diserahkan lahan 1.500 Ha namun PTPN III Batangtoru tetap berkewajiban membangun kebun plasma seluas 232,60 Ha sebagaimana ditetapkan dalam perjanjian kerjasama antara PTPN III dengan KSS pada tahun 2011 dengan nomor : 3.14/SPJ/44/2011 dan Nomor, 18/KSS/VI/2011 tanggal 16 Juni 2011

Tentang Perjanjian Kerjasama Kemitraan antara PTPN III dengan KSS dalam rangka Pembangunan Perkebunan Kelapa Sawit melalui Program Revitalisasi Perkebunan.

Dalam perjalanannya lahan 1.500 Ha telah diteliti dan diverifikasi oleh PTPN III Batangtoru sekaligus diurus seluruh perizinan yang diperlukan dengan lebih dulu mengurus sertifikat HGU.

Dari 1.500 Ha lahan yang diberikan oleh KSS sebagaimana dimaksud butir 4 ternyata yang dapat diterbitkan sertifikat HGU nya hanya seluas 1.324,32 Ha, sementara 176 Ha tidak dapat di sertifikatkan dikarenakan secara teknis lahan tidak bisa ditanam sawit dikarekan selalu dalam keadaan tergenang dengan masuknya air laut dan air sungai Batangtoru.

Terdapat kekeliruan atau kehilafan untuk mencadangkan lahan plasma seluas 232,60 Ha. Karena tidak dicadangkan dan berakibat tidak dapat direalisasikan perjanjian kerjasama sebagaimana dimaksud.

Maka warga Desa Muara Upu (KSS) mengadakan aksi unjuk rasa dengan menduduki lahan yang berada pada afdeling VII yang menurut masyarakat Desa Muara Upu sebagai lokasi dari plasma seluas 232,60 hektar.

Atas petimbangan tersebut untuk merealisasikan plasma seluas 232,60 Ha peserta rapat sepakat untuk mengalokasikan lahan plasma diambil dari dan dimohonkan Kementrian Agraria dan Tata Ruang/Kepala BPN RI pada areal kebun PTPN III Batangtoru yang terlanjur disertifikatkan HGU nya (1.324,32 Ha)

Untuk membuat peta lahan plasma sebagaimana dimaksud akan dilaksanakan pengukuran oleh Panitia B dan Kepolisian Resor Tapsel dan Kodim 0212/TS ke lokasi yang dimohonkan yang waktu nya disepakati pada bulan Desember 2023.

Calon lahan plasma seluas 232,60 Ha yang petanya sesuai hasil pengukuran akan menjadi lampiran surat ke Kementerian dan lampiran Notulen rapat ini.

Perwakilan PTPN III dalam rapat ini berpendapat untuk mengalokasikan areal plasma 232,60 Ha diambil dari HGU (1.324,32 Ha) namun tetap dilakukan sesuai ketentuan yang berlaku.

Selama proses pengurusan dan penyediaan lahan plasma 232,60 Ha masyarakat dan pihak KSS yang diwakili oleh Agusman Hasibuan, Ardi Rusman, Nurman Harahap, Yusri Rambe dan Riswan Nasution sepakat untuk keluar dan tidak menduduki areal kebun PTPN III Batangtoru.

Secara paralel pengurusan/pengeluaran dari sertifikat HGU untuk plasma seluas 232,60 Ha ke Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Kepala BPN RI maka dilakukan perubahan AD dan ART termasuk keanggotaan KSS yang pembiayaannya dibebankan kepada anggaran koperasi.

Hal-hal yang dibutuhkan untuk pengurusan dan pengeluaran lahan plasma seluas 232,60 hektar dari HGU akan dibicarakan dengan PTPN III Batangtoru.

Hasil Notulen rapat mediasi di tandatangani, Asisten l Pemkab Tapsel, Hamdan Zein Harahap, Waka Polres Tapsel Kompol Rahman Takdir Harahap SH, Asisten Legal PTPN III Medan, Ibnu Syahputra Sutono, APK Kebun Batangtoru, Dhani M R Malikul, Kabag Ops Polres Tapsel, AKP Sisworo SH MH, Kasat Intelkam Polres Tapsel, AKP Hasudungan Butarbutar, Camat Muara Batangtoru, Faisal Candra Hasan, Kapolsek Batangtoru, AKP Tona Simanjuntak, Danramil 01 Batangtoru Kapten (Inf) H Sirait, Kades Muara Upu, Jefri Simanjuntak, BPD Desa Muara Upu, Ida Khairani, dan dari mewakili masyarakat Desa Muara Upu yaitu, Ardi Rusman, Riswan Nasution, Agusman Hasibuan, Nurman Harahap serta Yusri Rambe.(Amils)

 

 

 


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa korupsi dan lain-lainnya/rilis atau ingin pasang Iklan dan berbagi foto?
Silakan SMS/WatsApp ke:
0852-6599-9456
Via E-mail:
red_siagaonlinepku@yahoo.com / redaksisiagaonline@gmail.com
(Mohon Dilampirkan Data Diri Anda)

Ini Harapan Kapolres Kota P.sidimpuan saat Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Pemilu 2024
Siaga Sumut | Kamis 29 Februari 2024, 22:42 WIB
Sah Dilantik Sebagai Pj Gubernur Riau, SF Hariyanto: Saya akan Melaksanakan Amanah
Pekanbaru | Kamis 29 Februari 2024, 21:45 WIB
KPU Kabupaten Lamsel Gelar Rapat Pleno Rekapitulasi Hasil Pemilu 2024
Siaga Lampung | Kamis 29 Februari 2024, 20:24 WIB
Pastikan Ketersediaan Beras di Pekalongan, Kapolres Cek Stok Beras di Gudang Bulog Wiradesa
Kota | Kamis 29 Februari 2024, 20:19 WIB
Pastikan Stok Pangan Aman, Bupati Nanang Ermanto Tinjau Gudang Bulog
Siaga Lampung | Kamis 29 Februari 2024, 20:10 WIB
Bupati Nanang Ermanto Terima Audiensi Pimpinan Cabang Pembantu Bulog Lampung Selatan
Siaga Lampung | Kamis 29 Februari 2024, 20:08 WIB



Komentar Anda :

 
Berita Terkini Indeks
#1 Ini Harapan Kapolres Kota P.sidimpuan saat Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Pemilu 2024
#2 Sah Dilantik Sebagai Pj Gubernur Riau, SF Hariyanto: Saya akan Melaksanakan Amanah
#3 KPU Kabupaten Lamsel Gelar Rapat Pleno Rekapitulasi Hasil Pemilu 2024
#4 Pastikan Ketersediaan Beras di Pekalongan, Kapolres Cek Stok Beras di Gudang Bulog Wiradesa
#5 Pastikan Stok Pangan Aman, Bupati Nanang Ermanto Tinjau Gudang Bulog
#6 Bupati Nanang Ermanto Terima Audiensi Pimpinan Cabang Pembantu Bulog Lampung Selatan
#7 Pemkab Lamsel Gelar Musrenbang RKPD 2025, Selaraskan 1446 Usulan Dari 17 Kecamatan
#8 Polres Karimun Menggelar Bazar Atau Pasar Murah Sumbako Dan Bakti Sosial
#9 Kalapas Kelas IIA Lahat Sambut Kunjungan Tim Divisi Administrasi Kanwil Kemenkumham Sumsel
#10 Kalapas Muara Enim Sambut Kunker Tim Divisi Administrasi Kanwil Kemenkumham Sumsel
 


 
 

Siagaonline.com adalah media online yang melayani informasi dan berita dengan mengutamakan kecepatan serta kedalaman informasi. Selengkapnya


 
Quick Links
 
+ Home
+ Redaksi
+ Disclaimer
+ Pedoman Berita Siber
+ Tentang Kami
+ Info Iklan
 
Kanal
 
+ Nasional
+ Daerah
+ Kota
+ Internasional
+ Politik
+ Ekonomi
+ Hukrim
+ Olahraga
+ Indeks
 

Alamat Redaksi/TU

 
Jalan Sekuntum No.26 Kelurahan Sialang Sakti, Kecamatan Tenayan Raya, Pekanbaru-Riau 28285
Telpon: 0852-6599-8456

Email:
red_siagaonlinepku@yahoo.com
Website:
www.siagaonline.com
 
Copyright © 2023 Siagaonline.com, all rights reserved