Breaking News
Kerjasama Instansi Keamanan dan Pemuda Dinilai Tinggi dalam Ziarah Kebangkitan Nasional | Polemik Penyalahgunaan Anggaran Pemeliharaan Gedung DPRD Kota Padangsidimpuan | Kalapas Muara Enim Pimpin Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional Ke-116 Tahun | Mukhlisin Fardi Sambut Kunjungan Ketua DPC Peradi Muara Enim | Pemkab Lampung Selatan Apresiasi PT ASDP Bantu Program Bedah Rumah | Polres Kuansing Lakukan Pengamanan Pelepasan Keberangkatan Calon Jemaah Haji Tahun 2024 Selasa, 21 Mei 2024

 
🢭 Siagaonline.com ⮞ Daerah
Universitas Serasan Gelar Pelatihan Kewirausahaan Manfaat Bahan Bekas Di SD Desa Saka Jaya
Daerah | Senin, 13 Mei 2024 14:57:54 WIB

SiagaOnline.com, Muara Enim - Universitas Serasan kembali menunjukkan komitmennya dalam pengabdian kepada masyarakat melalui program pelatihan kewirausahaan yang unik. Kali ini, mahasiswa universitas tersebut menggelar kegiatan yang berfokus pada pemanfaatan manik-manik, bahan – bahan bekas sebagai bahan dasar. Pada hari Kamis, 07 Maret 2024,


Pelatihan ini memiliki tujuan memberikan wawasan baru mengenai kewirausahaan dengan sentuhan kreativitas. Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi sukses mengadakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat dengan tema

 

"Mengembangkan Jiwa Kewirausahaan Siswa SD N Saka Jaya, Muara Enim Melalui Kerajinan Berbahan Dasar Manik-Manik dan bahan bekas lainnya,"

Acara ini dimulai pada pukul 09.00 dan dibawakan oleh Kurniawan Sidik, diawali dengan sambutan-sambutan dari Ketua Pelaksana yaitu Rere Mahendra, Kepala Sekolah SD N Saka Jaya Muara Enim, yaitu Ibu  Yasmanizar Spd, dan dosen Universitas Serasan yaitu Ibu Novita Sari, S.E, M.Si yang disambung dengan materi pengantar tentang kewirausahaan yang disambung dengan kegiatan pelatihan pembuatan kreasi manik-manik.
Kegiatan ini di hadiri oleh seluruh siswa kelas 6 sebanyak 27 orang.

"Pelatihan kewirausahaan yang dilaksanakan oleh mahasiswa Universitas Serasan menonjolkan sentuhan manik-manik sebagai bahan dasar utama. Manik-manik bukan hanya sekadar bahan kerajinan, tetapi juga simbol keunikan dan keberagaman. Dengan mengajak siswa bermain dengan manik-manik, mereka berusaha menciptakan atmosfer yang mendukung inovasi dan ekspresi diri. Pelatihan ini tidak hanya sebatas teori, tetapi melibatkan sesi praktik yang intensif,"

Para siswa berkesempatan untuk merancang dan membuat produk-produk kewirausahaan menggunakan manik-manik sebagai bahan utama. Ini melibatkan proses kreatif mulai dari perencanaan, desain, hingga pemasaran produk.
Pada saat pelaksanaan, peserta kegiatan sangat antusias menunjukkan kreasi demi kreasi yang mereka hasilkan dari manik-manik.

Bukan hanya siswa, tetapi guru dan dosen pun turut serta bersemangat dalam menuangkan ide-ide yang dimiliki pada kreasi manik-maniknya.
Kegiatan ini ditutup dengan doa dan semua kegiatan di dokumentasikan. Melalui kegiatan ini, diharapkan siswa dapat merasakan pengalaman langsung dalam dunia kewirausahaan dan memiliki rasa percaya diri untuk menjalani peran sebagai pengusaha muda. Mahasiswa Universitas Serasan berharap bahwa pelatihan ini dapat menjadi titik awal untuk menginspirasi lebih banyak siswa SD Saka Jaya dan mengembangkan semangat kewirausahaan di masyarakat setempat.

Pengabdian mahasiswa Universitas Serasan ini adalah contoh nyata bagaimana perguruan tinggi dapat berperan aktif dalam memberikan kontribusi positif kepada masyarakat melalui program pengabdian masyarakat yang berbasis pada keahlian dan kreativitas mahasiswa.Senin (13/05/2024).

"Dengan dilaksanakanya kegiatan ini peserta memiliki ketrampilan yang bermanfaat untuk dirinya dan untuk masyarakat tempat mereka tinggal. Pelaksanaan kegiatan juga berharap agar mendapat kesempatan untuk menyelenggarakan kegiatan sejenis yang lebih bervariasi dan dengan jumlah peserta yang lebih banyak. Peserta merasakan manfaat dan menginginkan untuk mengembangkan diri serta berharap ada pelatihan lain yang sejenis sebagai kelanjutanya,"

Diharapkan pelatihan ini memberikan dampak terciptanya entrepreneur di kalangan peserta dan di kalangan masyarakat. Target minimal adalah para peserta dapat menjadi instruktur yang mampu menularkan ketrampilan ke warga masyarakat di lokasi pelatihan khususnya Sekolah di Desa Saka Jaya, Muara Enim. (Agus v).


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa korupsi dan lain-lainnya/rilis atau ingin pasang Iklan dan berbagi foto?
Silakan SMS/WatsApp ke:
0852-6599-9456
Via E-mail:
red_siagaonlinepku@yahoo.com / redaksisiagaonline@gmail.com
(Mohon Dilampirkan Data Diri Anda)

Kerjasama Instansi Keamanan dan Pemuda Dinilai Tinggi dalam Ziarah Kebangkitan Nasional
Siaga Sumut | Senin 20 Mei 2024, 23:38 WIB
Polemik Penyalahgunaan Anggaran Pemeliharaan Gedung DPRD Kota Padangsidimpuan
Siaga Sumut | Senin 20 Mei 2024, 18:03 WIB
Kalapas Muara Enim Pimpin Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional Ke-116 Tahun
Daerah | Senin 20 Mei 2024, 14:58 WIB
Mukhlisin Fardi Sambut Kunjungan Ketua DPC Peradi Muara Enim
Daerah | Senin 20 Mei 2024, 14:57 WIB
Pemkab Lampung Selatan Apresiasi PT ASDP Bantu Program Bedah Rumah
Siaga Lampung | Senin 20 Mei 2024, 14:55 WIB
Polres Kuansing Lakukan Pengamanan Pelepasan Keberangkatan Calon Jemaah Haji Tahun 2024
Kuantan Singingi | Senin 20 Mei 2024, 14:54 WIB



Komentar Anda :

 
Berita Terkini Indeks
#1 Kerjasama Instansi Keamanan dan Pemuda Dinilai Tinggi dalam Ziarah Kebangkitan Nasional
#2 Polemik Penyalahgunaan Anggaran Pemeliharaan Gedung DPRD Kota Padangsidimpuan
#3 Kalapas Muara Enim Pimpin Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional Ke-116 Tahun
#4 Mukhlisin Fardi Sambut Kunjungan Ketua DPC Peradi Muara Enim
#5 Pemkab Lampung Selatan Apresiasi PT ASDP Bantu Program Bedah Rumah
#6 Polres Kuansing Lakukan Pengamanan Pelepasan Keberangkatan Calon Jemaah Haji Tahun 2024
#7 Bupati Suhardiman Amby Melepas 285 Calon Jamaah Haji di Mesjid Agung Ar-raudhan
#8 Hari Kebangkitan Nasional Ke-116, Semangat Transformasi Digital Menuju Indonesia Emas
#9 Keberangkatan 470 JCH Rohul Kloter 8 Diresmikan Oleh Bupati Sukiman di Embarkasi Haji Batam
#10 Personil Gabungan Polres Dharmasraya Melakukan Patroli Cegah Balap Liar dan 3C
 


 
 

Siagaonline.com adalah media online yang melayani informasi dan berita dengan mengutamakan kecepatan serta kedalaman informasi. Selengkapnya


 
Quick Links
 
+ Home
+ Redaksi
+ Disclaimer
+ Pedoman Berita Siber
+ Tentang Kami
+ Info Iklan
 
Kanal
 
+ Nasional
+ Daerah
+ Kota
+ Internasional
+ Politik
+ Ekonomi
+ Hukrim
+ Olahraga
+ Indeks
 

Alamat Redaksi/TU

 
Jalan Sekuntum No.26 Kelurahan Sialang Sakti, Kecamatan Tenayan Raya, Pekanbaru-Riau 28285
Telpon: 0852-6599-8456

Email:
red_siagaonlinepku@yahoo.com
Website:
www.siagaonline.com
 
Copyright © 2023 Siagaonline.com, all rights reserved