Breaking News
Pj Bupati Rizali Pastikan Penyelesaian Pembangunan Jembatan EPD Didanai APBD Sumsel | Dapat Bantuan Bedah Rumah dari Bupati Lamsel, Warga Tanjung Bintang Ucap Syukur | Nanang Ermanto Sambangi Korban Rumah Terbakar di Desa Maja Dan Serahkan Bantuan | Lima Warga Kecamatan Rajabasa Dapat Bantuan Bedah Rumah dari Bupati Lampung Selatan | Bupati Lamsel Apresiasi Budidaya Benur dan Udang Vaname di Desa Way Muli | Pesan Erik Astrada untuk T. Tumanggor, Pj. Walikota P.sidimpuan yang Baru Tetap Jaga Kerendahan Hati Kamis, 20 Juni 2024

 
🢭 Siagaonline.com ⮞ Rokan Hulu
Sekda Rohul Hadiri Penilaian Kinerja Penurunan Stunting 2024
Rokan Hulu | Kamis, 30 Mei 2024 04:26:26 WIB

SiagaOnline.com, Rokan Hulu - Sekretaris Daerah (Sekda) Rokan Hulu (Rohul) Muhammad Zaki SSTP, M.Si menghadiri acara Penilaian kinerja Pemerintah kabupaten/kota dalam pelaksanaan 8 aksi konvergensi percepatan penurunan stunting tahun 2024 yang dibuka secara resmi oleh Penjabat Gubernur Riau SF Hariyanto di Hotel Arya Duta, Pekanbaru Riau, Rabu (29/05/2024).


Turut hadir dalam acara Ketua Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Provinsi Riau Indra, Kepala Dinas P3AP2KB Provinsi Riau, Hj. Fariza SH, MH. Bupati dan Wakil bupati se Provinsi Riau, Ketua TPPS kabupaten/kota se provinsi Riau, serta hadir secara Virtual direktur sinkronisasi urusan pemerintah
daerah 3 Kementerian Dalam negeri Republik Indonesia, Koordinator kesehatan Bina Bangda Kemendagri Arifin Efendi Hutagalung.

Dari Rokan Hulu Tampak hadir Kepala Dinas DPPKB dr Bambang Triono, Kepala Dinas DPMPD Prasetyo, Sekre Bappeda Febri dan Kadiskes Rohul yang diwakili Kabid Kesehatan Masyarakat Adkha Dartini, SST. M.M.

Pemerintah daerah provinsi Riau telah melaksanakan pembinaan dan pelaksanaan 8 aksi konvergensi sesuai petunjuk dari Kementerian Dalam negeri dilaksanakan agar tepat waktu yakni Pada bulan April dan Mei tahun 2024.

Provinsi Riau telah melakukan beberapa metode untuk mempercepat penurunan stunting di kabupaten/kota diantaranya review data monitoring dan evaluasi aksi konvergensi. Tim penilaian telah melakukan review data berdasarkan hasil input dokumen Bangda tahun 2024 yang telah dilaksanakan pada 7 sampai 10 Mei 2024.

Selanjutnya tim penilai melakukan kunjungan lapangan secara uji petik dalam rangka validasi data serta penggalian eviden melalui FGD yang telah dilaksanakan pada 13 sampai 24 Mei 2024 yang lalu. Serta penilaian kinerja oleh tim penilai kinerja berdasarkan paparan yang disampaikan oleh TPPS kabupaten dan kota. Serta tanya jawab pada saat penilaian yang dilaksanakan pada 29 sampai 30 Mei
tahun 2024.

Kegiatan ini dilaksanakan untuk mengukur tingkat kinerja pemerintah daerah kabupaten dan kota dalam pelaksanaan delapan aksi konvergensi penurunan prevalensi stunting pada pelaksanaan kinerja 2023 lalu.

Kegiatan ini juga untuk memastikan akuntabilitas kinerja pemerintah daerah kabupaten dan kota dalam pelaksanaan 8 aksi konvergensi penurunan stunting.
Selain itu juga untuk mengevaluasi dan mengapresiasi kinerja pemerintah daerah kabupaten kota dalam pelaksanaan 8 aksi konvergensi penurunan prevalensi stunting.

Pj Gubernur Riau SF Hariyanto mengatakan Berdasarkan hasil survei kesehatan Indonesia (SKI) tahun 2023 prevalensi stunting di provinsi Riau telah mengalami penurunan yang sangat besar yakni di angka 13,6 persen, Dimana capaian ini lebih rendah dibandingkan pencapaian nasional di 21,5 persen.

"Hal tersebut merupakan capaian yang luar biasa di mana provinsi Riau menempati posisi ketiga terendah angka stunting nya setelah provinsi Jambi dan Bali,"

Jadi Hariyanto berharap pada tahun 2025 Provinsi Riau bisa menembus 1 digit, untuk mewujudkan hal tersebut maka mulai dari Provinsi hingga kabupaten/kota dapat bekerja bersama Sama.

"Tidak ada lagi yang tidak ada lagi yang bekerja sendiri-sendiri, karena jika dikerjakan sendiri tidak akan tercapai," ungkapnya.

Pemerintah provinsi Riau sebagai pemerintah pusat di daerah mempunyai kewajiban untuk melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap pelaksanaan integrasi pencegahan stunting di kabupaten kota.

"Oleh karena itu penilaian kinerja yang dilakukan pada hari ini merupakan hal yang sangat penting sebagai hasil kinerja dari pembinaan dan pengawasan dan pencegahan stunting yang konvergen dan terintegrasi," jelasnya.

Lebih lanjut Pj Gubernur Riau mengatakan pemerintah kabupaten kota dapat mengoptimalkan sumber
daya yang ada untuk pencegahan dan penurunan stunting, selanjutnya perlu dilakukan evaluasi pelaksanaan intervensi spesifik dan sensitif serta melaporkan aksi Konvergensi stunting secara rutin.

Kemudian Sekretaris Daerah Rokan Hulu Muhammad Zaki SSTP, M.Si dalam paparan nya pada saat Penilaian mengatakan untuk mempercepat penurunan angka stunting Pemerintah Daerah kabupaten Rokan Hulu telah mendata anak anak beresiko stunting by name by adress agar bantuan diberikan
tepat sasaran dan Bantuan yang disalurkan tidak hanya bersumber dari APBD namun juga dari berbagai Lembaga dan Organisasi.

"Bantuan yang didapatkan yang bersumber dari berbagai lembaga/organisasi untuk pelaksanaan 8 aksi konvergensi pada tahun 2023 diperoleh sebesar Rp. 502.850.000 dan tahun 2024 sebanyak Rp. 260.380.000," jelasnya.

Lebih lanjut Zaki menjelaskan bahwa berbagai upaya telah di lakukan untuk mempercepat 8 aksi konvergensi stunting seperti komitmen dalam melakukan monitoring evaluasi konvergensi stunting dan penilaian kinerja stunting di kecamatan dan desa kemudian membentuk tim pendamping keluarga beserta kader posyandu untuk penginputan data di aplikasi E-strong, selain itu juga dilakukan pelatihan
tokoh agama tentang kurikulum dan modul komunikasi perubahan perilaku.

"Rembuk stunting juga telah di lakukan mulai dari tingkat Kabupaten hingga ke tingkat desa dan kelurahan di Rokan hulu," terangnya.

Dan juga inovasi telah di ciptakan yaitu Aplikasi E-STRONG Agar Bantuan yang diberikan Pemerintah Kabupaten Rohul untuk penanggulangan Stunting lebih tepat sasaran dan Akurat.

"Ini merupakan solusi dari Pemda untuk menurunkan angka Stunting di Rohul, dan semoga dengan di launching nya aplikasi E-STRONG ini kedepannya Mempermudah Pemerintah untuk melacak anak terindikasi Stunting dan memberikan makanan tambahan untuk anak yang tepat," tutupnya. (Rls/Des)


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa korupsi dan lain-lainnya/rilis atau ingin pasang Iklan dan berbagi foto?
Silakan SMS/WatsApp ke:
0852-6599-9456
Via E-mail:
red_siagaonlinepku@yahoo.com / redaksisiagaonline@gmail.com
(Mohon Dilampirkan Data Diri Anda)

Pj Bupati Rizali Pastikan Penyelesaian Pembangunan Jembatan EPD Didanai APBD Sumsel
Daerah | Rabu 19 Juni 2024, 20:46 WIB
Dapat Bantuan Bedah Rumah dari Bupati Lamsel, Warga Tanjung Bintang Ucap Syukur
Siaga Lampung | Rabu 19 Juni 2024, 20:44 WIB
Nanang Ermanto Sambangi Korban Rumah Terbakar di Desa Maja Dan Serahkan Bantuan
Siaga Lampung | Rabu 19 Juni 2024, 20:43 WIB
Lima Warga Kecamatan Rajabasa Dapat Bantuan Bedah Rumah dari Bupati Lampung Selatan
Siaga Lampung | Rabu 19 Juni 2024, 20:42 WIB
Bupati Lamsel Apresiasi Budidaya Benur dan Udang Vaname di Desa Way Muli
Siaga Lampung | Rabu 19 Juni 2024, 20:41 WIB
Pesan Erik Astrada untuk T. Tumanggor, Pj. Walikota P.sidimpuan yang Baru Tetap Jaga Kerendahan Hati
Siaga Sumut | Rabu 19 Juni 2024, 18:29 WIB



Komentar Anda :

 
Berita Terkini Indeks
#1 Pj Bupati Rizali Pastikan Penyelesaian Pembangunan Jembatan EPD Didanai APBD Sumsel
#2 Dapat Bantuan Bedah Rumah dari Bupati Lamsel, Warga Tanjung Bintang Ucap Syukur
#3 Nanang Ermanto Sambangi Korban Rumah Terbakar di Desa Maja Dan Serahkan Bantuan
#4 Lima Warga Kecamatan Rajabasa Dapat Bantuan Bedah Rumah dari Bupati Lampung Selatan
#5 Bupati Lamsel Apresiasi Budidaya Benur dan Udang Vaname di Desa Way Muli
#6 Pesan Erik Astrada untuk T. Tumanggor, Pj. Walikota P.sidimpuan yang Baru Tetap Jaga Kerendahan Hati
#7 Dalam Rangka Hari Bhayangkara Ke 78, Polres Dharmasraya dan Pengurus Bhayangkari Lakukan Ini
#8 Ummul Nanda Ridhotun, Mahasiswi UNILA Tampilkan Tari Bedana di Gedung UNS Surakarta
#9 PT Pelabuhan Indonesia Regional 1 Tanjungpinang Salurkan Sapi Kurban
#10 Bupati Dolly Pasaribu Bersama Ketua TP PKK Tapsel Tinjau Tiga Lokasi Pemotongan Hewan Kurban
 


 
 

Siagaonline.com adalah media online yang melayani informasi dan berita dengan mengutamakan kecepatan serta kedalaman informasi. Selengkapnya


 
Quick Links
 
+ Home
+ Redaksi
+ Disclaimer
+ Pedoman Berita Siber
+ Tentang Kami
+ Info Iklan
 
Kanal
 
+ Nasional
+ Daerah
+ Kota
+ Internasional
+ Politik
+ Ekonomi
+ Hukrim
+ Olahraga
+ Indeks
 

Alamat Redaksi/TU

 
Jalan Sekuntum No.26 Kelurahan Sialang Sakti, Kecamatan Tenayan Raya, Pekanbaru-Riau 28285
Telpon: 0852-6599-8456

Email:
red_siagaonlinepku@yahoo.com
Website:
www.siagaonline.com
 
Copyright © 2023 Siagaonline.com, all rights reserved